Senin, 02 Mei 2016

[geospatial] belajar mengenal spatial cognition dan graph database geosptial knowlegde

Figure 1. Spatial Cognition and Graph database Geospatial Knowledge
(sumber gambar dari berbagai sumber dan digabungkan)

Enschede, 2 Mei 2016

Mengawali minggu pertama di Bulan Mei 2016 dimana sekarang ialah saatnya menulis bukan lagi sekedar membaca, demikian pengingat yang diberikan oleh pembimbing. Yaps, maka ijinkanlah kali ini sekedar membagikan sebuah gambar atau info grafis di atas yang mengambil dari berbagai sumber untuk memberikan imajinasi mengenai ide yang sedang digali oleh si penulis.

Tema yang akan dibahas yaitu Spatial Cognition dan Graph database dari Geospatial Knowlegde. Bahasannya masih ringan hanya seputaran gambar di atas. Spatial Cognition berkaitan dengan pengetahuan mengenai knowledge dan beliefs tentang properti obyek spasial dan kejadian atau events di dunia. Kemudian Graph database geospatial knowledge lebih terkait bagaimana hubungan subyek predikat dan obyek dari kejadian hingga obyek spasial tersebut digambarkan serta mempermudah dalam pencarian informasi. Hal ini terkait pula dengan postingan sebelumnya http://ajiputrap.blogspot.nl/2016/03/geospasial-bertanya-sendiri-atau-pada.html. Dalam postingan tersebut telah diulas bagaimana:
google* dan bahkan media sosial sebesar facebook**; keduanya mengembangkan atau mengoptimalkanknowledge graph
Kisahnya ialah bermula semenjak manusia mulai bisa menggunakan berbagai media untuk menggambarkan obyek yang ada di muka bumi ini. Hingga akhirnya kini teknologi infomasi komunikasi berkembang pesat dan memudahkan mereka untuk saling berbagi dan berinteraksi melalui berbagai media sosial.

Peta mental itu kini dapat direkam melalui kegiatan 'check in' dan memberi nama terhadap lokasi bahkan event atau kegiatan yang mereka lakukan. Tren augmented reality juga makin membawa dunia nyata ke dalam dimensi yang menyatu dengan sekitar bahkan di luar angkasa sana. Kemarin sempat sekilas melihat postingan seorang kawan di dunia media sosial mengenai bis sekolah atau semacamnya dimana selama perjalanan si anak atau murid dapat menikmati kehidupan di planet mars.

Graph database geospatial knowledge silahkan cek pembukanya melalui https://en.wikipedia.org/wiki/Graph_database.

Most graph databases are NoSQL in nature and store their data in a key-value store or document-oriented database
Heuheu..distraksi mulai muncul dan sekian dulu...

Salam Cakep,
Aji Putra Perdana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar