Senin, 22 Februari 2016

[Geospasial] Terbang Tinggi dan Menukiklah

[Geospasial] Terbang Tinggi dan Menukiklah


Sumber gambar: 
https://amex-ideamaninc.netdna-ssl.com/images/bald-eagle/bald-eagle-flying.jpg?1357512530

Ilustrasi di atas menggambarkan burung elang yang hendak menukik setelah dia terbang tinggi di langit menikmati indahnya alam. Geospasial itu saat ini sedang terbang tinggi, baik sebagai sebuah keilmuan maupun pendukung dalam berbagai pengambilan kebijakan atau keputusan.

Geospasial menukik begitu tajam seiring perkembangan teknologi informasi komunikasi yang menunjangnya. Citra satelit resolusi tinggi, kemampuan Lidar, cloud, crowd source, kemudahan akses internet dan kapasitas penyimpanan yang tinggi di dunia awan. Melahirkan generasi dimana sehari tanpa wifi atau koneksi internet menjadi semakin susah karena jika dulu hendak kemana menggunakan sistem tanya ke orang, kini berbagai informasi bisa dicari di dunia maya.

Hingga kemampuan itu melahirkan berbagai fenomena yang mampu menjadikan orang terbang begitu tinggi, baik dalam artian positif bahkan negatif. Misalnya, cepatnya orang like dan share berita atau informasi mungkin juga gambar tanpa lebih dahulu melakukan tukikan yang tajam terhadap hal tersebut. Yayaya,,,inilah dimana era informasi begitu cepatnya berlalu. Rangkaian kata demi kata yang menyatu menjadi kalimat panjang seakan tidak begitu menarik. Hingga microblogging seperti twitter menjadi lalu lintas yang padat.

Alamat situs nan panjang pun kini bisa dipendekkan (short url). Yang menarik lagi ialah informasi yang panjang dipendekkan dengan judul yang kadang kurang pas atau pancingan gambar yang hanya menarik orang untuk sekedar klik. Klak klik ini pun di dunia medsos melahirkan banyaknya link gak jelas yang menyebabkan orang menjadi spam. Misalnya, dia menambahkan teman-temannya ke grup yang tidak jelas asal muasal dan manfaatnya. Kalau ketemu ama fulan, maka langsung dia blokir...heuheu.

Terbanglah tinggi sembari melihat berbagai informasi yang relevan untuk dikaji dan layak sebagai sebuah kajian. Lalu menukiklah mendekati obyek tersebut dan lengkapilah dengan referensi-referensi yang menunjang. Jika ternyata, kurang memenuhi maka terbanglah lagi ke atas dan jangan lelah untuk mencarinya.

Mencari masalah untuk menentukan tujuan dan pertanyaan hingga jika mampu buatlah hipotesisnya dan tentukanlah metodenya agar di dapat hasilnya, Tentunya hasil yang berguna bukan sekedar membuat kenyang si elang.

Secara ruang dan waktu, elang terbang ke sana ke mari bukan mencari sesuap nasi :).

Hmmm...semakin tidak jelas arahnya nie. Kembali bertanya apa hubungannya Geospasial dengan terbang tinggi dan menukiklah? Ingat perkembangan teknologi penginderaan jauh? Sekarang sedang tren adanya drone ataupun pesawat tanpa awak yang memotret dengan dekat, bahkan siapapun jika mau dan mampu dapat mengoperasikannya. Itulah kegilaan perkembangan Geospasial,,,begitu tingginya dia mampu terbang (*pesat perkembangan teknologinya) dan kemampuannya menukik (*menyajikan informasi) secara ruang dan waktu sungguh mengagumkan.

Salam Geospasial untuk Negeri,

Aji Putra Perdana
Enschede, 22 Februari 2016


1 komentar: