Selasa, 12 Mei 2015

Peta NKRI Edisi Tahun 2015

Peta NKRI Edisi Tahun 2015


Cibinong, 12 Mei 2015

Hari ini Selasa 12 Mei 2015 di Aula Badan Informasi Geospasial sedang berlangsung agenda penandatanganan Peta NKRI Edisi Tahun 2015. Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) direvisi setiap tahun apabila terjadi perubahan yang tentunya ditentukan oleh tim teknis penyusun Peta NKRI yang melibatkan berbagai Kementerian/Lembaga terkait. 

Acara dibuka oleh Kepala Badan Informasi Geospasial, Bapak Priyadi Kardono yang menyampaikan bahwa tiap edisi Peta NKRI mestinya menunjukkan hal yang berbeda dan perlunya pengarsipan Peta NKRI sebagai Dokumen Resmi. 

Dilanjutkan oleh penjelasan teknis mengenai perubahan atau perbaikan yang dilakukan pada Peta NKRI Edisi Tahun 2015 diantaranya perubahan batas wilayah negara berdasarkan pada beberapa peraturan/kesepatan/persetujuan yang berlaku, perubahan pada legenda dalam bentuk teks penjelasan mengenai perjanjian batas wilayah darat NKRI dengan Timor Leste, perubahan kesepakatan peletakan nama Laut Natuna, penambahan mengenai sumber data pada legenda, penambahan informasi mengenai dasar hukum perairan NKRI, beberapa koreksi mengenai penulisan nama rupabumi (toponim) sebagai contoh Negeriparitmalintang diubah menjadi Nagari Parit Malintang pada Peta NKRI Edisi Tahun 2015, selain itu juga terdapat pemekaran wilayah dan perubahan nama kabupaten yang digunakan sebagai perbaikan informasi nama rupabumi dalam Peta NKRI Edisi Tahun 2015.

Perwakilan dari Dishidros TNI-AL menyampaikan bahwa informasi yang disampaikan dalam Peta NKRI Edisi Tahun 2015 cukup informatif, sehingga informasi detil mengenai peraturan perundang-undangan atau kesepakatan terutama yang terkait dengan batas wilayah negara perlu tetap dipertahankan. Hal ini mengingat masih banyaknya orang yang belum mengerti mengenai informasi tersebut. Perwakilan dari Dittopad TNI-AD menyampaikan bahwa perlunya sebuah buku saku yang menjelaskan mengenai Peta NKRI Edisi 2015 dan menambahkan bahwa dengan memasang Peta NKRI terutama di daerah perbatasan akan semakin meningkatkan rasa nasionalisme dan kesadaran betapa luasnya wilayah NKRI. Draft buku saku tersebut sempat disusun oleh tim teknis pada tahun 2014, akan tetapi untuk Peta NKRI Edisi Tahun 2015 ini perlu disusun terkait dengan perubahan terhadap isi/konten dari Peta NKRI Edisi Tahun 2015 bahkan termasuk mengenai data/informasi yang digunakan. Perwakilan dari Kementerian Pertahanan menyampaikan bahwa perlunya tetap mempertahankan informasi tentang referensi spasial dari data yang disajikan.

Usulan dari forum perlunya menambahkan logo dari tiap Kementerian/Lembaga yang terlibat sebagai kontributor data/informasi yang disajikan dalam sebuah Peta NKRI dengan tentunya tetap memperhatikan kaidah kartografis dalam penyusunan tata letak logo-logo tersebut sebagai bagian informasi tepi peta. Perlunya 'penegasan' dapat dengan penggunaan font dengan bold (ditebalkan) untuk informasi peraturan yang baru muncul pada Edisi kali ini.
Cuplikan Peta NKRI Edisi Tahun 2015 Skala 1:5.000.000
---unduh Peta NKRI Edisi 2015 di http://www.big.go.id/peta-nkri/ ----

Sebagai penutup, dari Biro Hukum BIG menyusun dan membacakan draft Berita Acara Sidang Penetapan Peta NKRI Tahun 2015 untuk kemudian disepakati. Forum melakukan koreksi terhadap draft Berita Acara yang dibacakan untuk kemudian disepakati sebagai hasil dari pembahasan untuk pengesahan Peta NKRI Edisi Tahun 2015. Tiap perwakilan Kementerian/Lembaga yang menghadiri sidang menandatangani 

Perjalanan yang cukup panjang mengikuti perkembangan penyusunan Peta NKRI dari tahun 2011 hingga tahun 2015 cukuplah menarik mengingat Peta NKRI ini disusun bersama oleh berbagai Kementerian/Lembaga terkait. Makin menarik baik dari aspek teknis maupun saat persidangan dimana perubahan dinamis mulai dari aspek penulisan nama rupabumi, pemekaran wilayah, hingga perubahan kesepakatan/perjanjian mengenai batas wilayah negara. 


Salam,

Aji Putra Perdana

Bacaan menarik (menurut penulis :p) :




4 komentar:

  1. cuplikan petanya sepertinya yang pertama diupload di intenet. mantap. bisa diupload Peta NKRI Edisi Tahun 2015 resolusi yang lebih besar ?

    BalasHapus
  2. Apakah BIG juga menyediakan raster Peta NKRI Edisi Tahun 2015 untuk diunduh gratis ? Terimakasih.

    BalasHapus
  3. ini linknya: unduh Peta NKRI Edisi 2015 di http://www.big.go.id/peta-nkri/

    BalasHapus
  4. mas ajicakep, kalau vector Peta NKRI 2015 ada ga ?

    BalasHapus