Rabu, 06 Agustus 2014

[Google_Maps_Engine] Membuat Peta dengan Google Maps Engine dan Hubungkan dengan QGIS/ArcGIS

[Google_Maps_Engine] Membuat Peta dengan Google Maps Engine dan Hubungkan dengan QGIS/ArcGIS

Cibinong, 6 Agustus 2014

Membuat Peta semakin mudah di era teknologi informasi mengingat telah tersedianya berbagai sumber data dasar yang dapat menjadi latar ataupun tempat menggambarkan lokasi atau informasi kebumian. Salah satunya yang paling fenomenal dan membuka wacana mengenai keberadaan geospasial kepada publik dengan akses yang mudah dan menarik ialah Google dengan Petanya (baca: Google Maps) dan Google dengan Buminya (baca: Google Earth). Bahkan kini Google Maps semakin interaktif dimana siapapun bisa membuat 'Peta' hingga menghubungkannya dengan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) seperti ArcGIS dan QGIS yaitu keberadaan Google Maps Engine.

Begitu membuka link https://mapsengine.google.com/map/ langsung ditawarkan untuk membuat Peta atau membuka Peta. Sebuah tawaran yang menarik untuk dicoba dan dipergunakan secara optimal dan berdaya guna. Keunggulan produk Google ialah "Satu untuk Semua", satu akun untuk berbagai akses ke aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Gambar 1. Tampilan Awal Google Maps Engine
Jika kita terbiasa menggunakan perangkat lunak SIG seperti QGIS dan ArcGIS, maka silahkan mencoba untuk berbagi pakai data dengan koneksi antara Google Maps Engine dan perangkat lunak SIG tersebut.

Gambar 2. QGIS Plugins: Google Maps Engine Connector
Gambar 3. ArcGIS: Google Maps Engine Connector
Demikian celoteh singkat hari ini,,,

Salam,

/app

2 komentar:

  1. apa bisa nampilin dua informasi dalam 1 titik koordinat di QGIS?

    BalasHapus
  2. bisa saja, tinggal seperti apa yang dimaksud dengan nampilin?
    apakah informasi tersebut sebagai label atau tersimpan dalam atribut di titik?

    BalasHapus