Selasa, 03 Desember 2013

[GEOFULAN] Geo+Blog QR CODE + Peta Kerja Lapangan

QR Code http://ajiputrap.blogspot.com
Tentunya kita sudah familiar dengan gambar di atas. Ternyata namanya QR Code singkatan dari Quick Response Code.

QR Codes tidak hanya memberikan kepada kita akses secara "cepat: ke data melalui mobile QR Code atau aplikasi barcode scanning. Tidak sama halnya dengan standar barcode pada umumnya, QR codes memberikan lebih banya data daripada RFID (Radio-frequency identification) dasar karena QR Code dapat menghubungkan berbagai tipe data seperti teks, video, nomer telpon, url, hingga geolokasi.

Seiring perkembangan iptek di bidang informasi geospasial dan media sosial ternyata QR Code menjadi sebuah cara tersendiri dalam geotagging sebuah lokasi bahkan hingga georeferencing sebuah peta kerja lapangan atau field paper.

Ide menempatkan koordinat geografis dalam sebuah QR Code sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru karena hal ini telah dilakukan oleh Google ZXing beberapa waktu lampau. Silahkan akses http://zxing.appspot.com/generator/ maka akan menemukan berbagai hal yang dapat dilakukan atau diubah secara cepat ke dalam format QR Code.

QR Code dapat menyediakan akses informasi bagi kita secara cepat sementara kita "dalam perjalanan", membantu kita menerima informasi seperti melakukan pemetaan secara real-time. Salah satu contohnya ialah penggunaan QR Code pada Pemberhentian Bis di Lincoln Park. Selain itu, QR Code juga membantu di dalam identifikasi aset-aset atau kalau di Indonesia dapat membantu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui pajak, dengan identifikasi obyek pajak. Misalnya memanfaatkan QR Code dan Peralatan GPS. Konon ceritanya, di beberapa negara maju fenonema QR Code adalah salah satu peluang dan tantangan informasi geospasial terkait geolokasi dan marketing :). Hal ini seperti yang diceritakan dalam http://mapthis.net/educational/qr-code-gis-solutions-for-mapping-technologies/. 

QR Code di ZXING untuk Geolokasi
Hal yang menarik lainnya, ketika berbagai informasi geospasial mudah diakses secara online seperti yang disajikan oleh Google Maps, Bing Maps, OpenStreetMap, ArcGIS Online, hingga InaGeoportal maka QR Code menjadi hal yang semakin menarik dalam "mencetak peta" dan "mengunggahnya kembali" setelah ada update atau coretan tambahan informasi pada peta kerja tersebut.

Saat ini, ada situs yang menarik untuk membuat peta kerja semacam itu yakni http://fieldpapers.org. Menurut wiki OSM menjelaskan bahwa Field Papers adalah tool berbasis web yang dibuat untuk memudahkan pengguna di dalam membuat sebuah peta atlas cetak untuk wilayah mana saja di seluruh dunia, sehingga kita dapat mencetaknya dan menambahkan catatan di dalamnya. Salah satu yang mudah untuk mengeditnya ialah dengan memanfaatkan open street map. Field Paper ini merupakan kelanjutan dari Walking Papers tool yang dibuat oleh Mike Migurski dan Stamen Design. Field Paper ini dikembangkan oleh Stamen Design dan ditingkatkan dengan pendanaan dari US Agency for International Development (sumber: http://wiki.openstreetmap.org/wiki/Field_Papers).

Field Papers - buatlah Atlas Anda sendiri...
Tentunya, tool ini sangat bermanfaat bagi kegiatan pemetaan yang melibatkan partisipasi masyarakat karena peta kerja dapat dibuat dengan memanfaatkan data atau informasi geospasial yang online telah tersedia. Kemudian dicetak dan diisi dengan informasi sesuai kebutuhan kemudian di-scan dan diunggah kembali untuk di-georeferencing-kan kembali dengan mendasarkan pada QR Code.

1. Akses situs field paper, kemudian tentukan area yang akan dibuat ke dalam atlas sederhana atau peta kerja kita.
ketik "wilayah Anda"

2. Atur cakupan area dan latar belakang peta yang akan dipergunakan.
pilih cakupan dan tentukan peta latarnya
3. Tambahkan judul dan informasi lainnya pada field paper
beri judul dan keterangan
4. tentukan layout atau penyajian untuk penempatan teks dan petanya.
atur layout
  5. Biarkan proses berjalan :) dan tunggulah...
proses sedang berjalan
peta keluar :)
bisa diunduh dalam format pdf
pdf dari field paper


Silahkan mencoba :)

/app

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar