Jumat, 29 November 2013

[BERITA_IG] Diseminasi Produk Geospasial untuk Sulawesi 2013

[BERITA_IG] Diseminasi Produk Geospasial untuk Sulawesi 2013

Kendari, 27 November 2013

Di awal tahun 2013, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah melakukan Kick of Meeting Geospasial untuk Sulawesi di Palu, Sulawesi Tengah. Saat itu dihadiri oleh Menkokesra Republik Indonesia dan diamanatkan bahwa di akhir kegiatan tersebut perlu ada evaluasi Geospasial untuk Sulawesi. Hari Rabu tanggal 27 November 2013 bertempat di Kendari, Sulawesi Tenggara dilakukanlah kegiatan evaluasi Geospasial untuk Sulawesi melalui "Diseminasi Produk Geospasial untuk Sulawesi".

Kegiatan tersebut sedianya dihadiri oleh MenRisTek Republik Indonesia dan Wamen PPN/Bappenas, akan tetapi karena berhalangan hadir maka acara tersebut tetap berlangsung dan dihadiri oleh Kepala Badan Informasi Geospasial, Gubernur Sulawesi Tengggara dan perwakilan dari Gubernur dari Provinsi-Provinsi Se-Sulawesi serta dihadiri pula oleh Bupati atau Walikota atau yang mewakili dari Kabupaten/Kota Se-Sulawesi.

Acara berlangsung di Swissbell Hotel Kendari dan dimulai dengan tarian sebagai sambutan atas kedatangan Kepala BIG dan rombongan serta Para Pejabat Se-Sulawesi di bumi Kendari. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Gubernur Sulawesi Tenggara. Beberapa hal yang menarik diungkapkan dan menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah telah "melek" terhadap informasi geospasial, diantaranya (1) permasalahan tumpang tindih kepentingan disebabkan karena tidak adanya rujukan peta yang sama yang dipergunakan; (2) konflik wilayah perbatasan baik perbatasan antar kabupaten/kota atau bahkan perbatasan antar provinsi karena kadang tidak melihat historikal atau peta yang dipergunakan berbeda-beda, (3) adanya kebutuhan terhadap peta dasar guna perencanaan penataan wilayah, (4) kerjasama peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia Informasi Geospasial di Daerah, khususnya Sulawesi Tenggara telah ditingkatkan diantaranya melalui kerjasama pelatihan Sistem Informasi Geografis antara Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Diklat Geospasial BIG. Selanjutnya sambutan Kepala Badan Informasi Geospasial, Dr. Asep Karsidi kembali menegaskan pentingnya adanya "One Map", Satu Portal, Satu Database, Satu Peta Rujukan, dan Satu Referensi. Kini untuk mainland di Sulawesi telah tersedia peta rupabumi Indonesia dalam skala menengah yakni 1:25.000 dan skala 1:10.000 untuk wilayah kota. Dalam kesempatan ini, Badan Informasi Geospasial menyerahkan Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia Edisi Tahun 2013, Peta Foto Kendari, Foto Anaglyph Komplek Perkantoran Gubernur Sulawesi Tenggara, dan album Peta Rupabumi Indonesia skala 1:25.000 beserta  data digital PDF dalam DVD. Masing-masing kabupaten/kota yang hadir juga mendapatkan Peta RBI dan digitalnya.

sumber: http://www.antarasultra.com/berita/269208/big-gelar-diseminasi-produk-peta-rupabumi-sulawesi


sumber: http://antarafoto.com/peristiwa/v1385537425/penyerahan-peta-rbi

Kegiatan ini merupakan penyerahan Peta RBI skala 1:25.000 wilayah Sulawesi yang diselenggarakan pada tahun 2013, sedangkan pada tahun 2012 telah dilakukan penyerahan Peta RBI skala 1:25.000 untuk Sulawesi Selatan (silahkan baca: http://ajiputrap.blogspot.com/2012/12/peta-rupabumi-indonesia-skala-125000.html).

Informasi atau berita terkait:
Salam GUN,
/app


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar