Sabtu, 07 September 2013

[GeoFulan] Satu Peta, Petanya Satu, Informasinya Akurat, Andal dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Satu Peta, Petanya Satu, Informasinya Akurat, Andal dan Dapat Dipertanggungjawabkan


Cibinong, 7 September 2013
GeoFulan

Satu Peta atau One Map merupakan kebijakan yang sedang digembor-gemborkan pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 4 tahun 2011 mengenai Informasi Geospasial. Menuju Satu Peta telah ditempuh diantaranya akan segera terwujudnya Sistem Referensi Geospasial Indonesia atau SRGI atau SIREGINA sebagaimana disampaikan dalam Berita Surta di website Badan Informasi Geospasial (BIG) http://big.go.id/berita-surta/show/srgi-tunggal-untuk-one-map-policy. SRGI Tunggal untuk One Map Policy, demikianlah judul yang diangkat di dalam menceritakan perjalanan workshop Sistem Referensi Geospasial Nasional yang ke-3 pada 21 Agustus 2013 di Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu, pada Agustus 2013 juga telah ditetapkan Peta NKRI Edisi 2013 (http://big.go.id/berita-surta/show/peta-nkri-edisi-tahun-2013-telah-resmi-ditetapkan), sebuah peta yang menggambarkan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di darat dan laut, baik berupa laut teritorial (laut wilayah), perairan kepulauan, dan perairan pedalaman, serta hak berdaulat Indonesia di zona tambahan, Zona Ekonomi Eksklusif, dan landas kontinen, yang penetapannya dilakukan atas dasar Peraturan Perundang-Undangan dan instrumen hukum lainnya tentang batas wilayah Indonesia, serta sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional. Link Layer Package Peta NKRI 2013 http://www.arcgis.com/home/item.html?id=8941e74e684c4c46acae801e88257444

Petanya Satu, maksudnya ialah melalui kebijakan satu peta atau one map policy diharapkan tidak ada lagi tumpang tindih informasi karena adanya satu referensi tunggal. Mulai dari sistem referensi geospasial hingga peta dasarnya serta ke depan hingga pengelolaan geodata, sehingga informasi tematik yang digambarkan dengan mengacu pada satu hal yang sama akan dengan mudah dianalisa dan dipertukarkan untuk berbagi pakai.

Informasinya Akurat, Andal dan Dapat Dipertanggungjawabkan. Untuk memperoleh informasi yang ideal tersebut maka di dalam proses penyelenggaraan informasi geospasial dasar harus tetap memperhatikan akurasi data geospasial sesuai spesifikasi pada tiap skala. Kontrol kualitas dan jaminan kualitas juga menjadi hal yang diperhatikan di dalam melahirkan informasi yang Andal dan Dapat Dipertanggungjawabkan. Secara teknis, perkembangan teknologi informasi komunikasi geospasial memungkinkan beberapa tahapan tersebut dilakukan.  Tentusaja dengan tidak melupakan aspek peningkatan kapasitas SDM (sumberdaya manusia), karena jangan sampai kita terlena dengan melepaskan proses tersebut pada perangkat lunak. Ada beberapa hal, tidak bisa sekedar dilepas pada proses yang dijalankan oleh tools. Keterlibatan manusia di dalam mendefinisikan dan melahirkan informasi juga acapkali memegang peranan dalam lahirnya kualitas sebuah informasi. Oleh karena itu, pemahaman mendasar terhadap beberapa keilmuan dasar terkait informasi geospasial juga mesti tetap dipelajari dan dikaji. Harapannya, informasi yang lahir bukan semata-mata ada barangnya saja akan tetapi dapat berdayaguna dan tidak besar derajat ketidaksesuaiannya sehingga perencanaan dan pembangunan nasional dapat secara optimal memanfaatkan informasi geospasial untuk hasil yang lebih baik.

Semua adalah proses dan tidak bisa terjadi dalam sekejap mata karena banyak aspek di dalamnya yang terlibat. Perubahan struktur data yang digunakan berdampak pula pada pelaksana kerja, sehingga perlu dikaji dengan matang dan disiapkan adanya kesepakatan yang jelas di dalam internal si map maker atau pembuat peta. Sekali lagi, Peta adalah Kesepakatan (http://ajiputrap.blogspot.com/2013/07/ceritafulan-peta-adalah-kesepakatan.html), Informasi yang terkandung di dalamnya adalah Hasil Kesepakatan untuk Kemaslahatan Pengguna (pendapat pribadi geofulan, 2013).

Mari bersama menuju terwujudnya Referensi Tunggal untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Salam Geospasial Untuk Negeri,

/app




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar