Sabtu, 22 Juni 2013

[Twitter] Trending Topik #bbm #kenaikanbbm #bbmnaik

[Twitter] Trending Topik #bbm #kenaikanbbm #bbmnaik

BBM, singkatan kata yang menarik,,,tapi bukan berarti terkait dengan pesan ala Blackberry...BBM sekarang ini ialah benar-benar menarik (BBM). Kenaikan harga BBM menjadi trending topik di dunia twitter di Indonesia. 

Dunia twitter semakin menarik untuk dipetakan seiring keberadaan geotagged - "nama tempat" atau "place name" atau "toponim" dan "lokasi" yang dapat dijadikan sebagai referensi spasial untuk meletakkan twitter. Keberadaan telepon pintar pun dianalisa untuk berbagai kajian. Salah satunya sebuah tulisan "Map the iPhone Users In Any City, And You Know Where the Rich Live" menggambarkan penggunaan telepon pintar di beberapa kota di belahan dunia, termasuk salah satunya di Jakarta. Konon menurut tulisan tersebut, kebanyakan di Jakarta ialah pengguna Blackberry. Banyak komen yang menarik di dalam tulisan tersebut, selain kajiannya juga menarik untuk benar-benar membaca (BBM) :).

And one place that really loves Blackberries? Jakarta.


All images courtesy of MapBox, Gnip and Eric Fischer.
source: http://m.theatlanticcities.com/jobs-and-economy/2013/06/map-iphone-users-any-city-and-you-know-where-rich-live/5961/
Lalu kembali ke BBM, yang pasti telepon pintar sudah menjadi pegangan atau bagian dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, lagu bangun tidur ku terus mandi,,,sudah berubah, dengan bangun tidur ku terus twit/fesbuk/cek mail/dan lain sebagainya...dimana yang dipegang ialah telepon pintar, bukan lagi merapikan bantal dan guling :), telepon pintar benar-benar merubah (BBM) kebiasaan masyarakat. Harga telepon pintar yang murah dan kemudahan mengakses dunia maya dengan berbagai tawaran paket internet yang terjangkau membuat kita dimanja untuk masuk ke dunia maya.

Celoteh pun kian ramai di dunia twit kala suatu kejadian yang berdampak sosial ekonomi terjadi. Salah satunya saat ini ialah #bbm #kenaikanbbm dan #bbmnaik yang menjadi kenyataan benar-benar menaik (BBM) harganya.

Berikut adalah cuplikan trend topik dari ketiga kata tersebut:



Dari gambaran di atas dapat dilihat sejauh mana respon terhadap kenaikan harga BBM dan wilayah mana saja yang berinteraksi aktif di dunia twit untuk menanggapi BBM.

Secara umum se-Indonesia, BBM (saat ini-saat dicapture 22juni2013-08.00wib) bukanlah menjadi tren utama, masih tertutup oleh berbagai info lainnya :) seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

twit tren saat dicapture-22juni2013 pukul 08.00wib
 
Demikian sekilat info dari Kolaka Utara, dapat dilihat bahwa di Kolut tidak ada topik BBM karena lebih banyak topik lain yang lebih menarik :).

Salam Geospasial Untuk Negeri,
Aji Putra Perdana

/app

1 komentar: