Rabu, 09 Januari 2013

[PETA] MELIHAT INDONESIA DARI BASEMAP

[PETA] MELIHAT INDONESIA DARI BASEMAP


Cibinong, 09 Januari 2013

Indonesia adalah negara kepulauan, negara maritim, wilayah lautannya lebih luas daripada wilayah daratnya. Akan tetapi bagaimana kita dapat melihat Indonesia secara menyeluruh, melihat wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peta...katakan Peta...demikian ucap dora; Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia telah ditetapkan (silahkan baca: Akhirnya muncul juga: "Peta NKRI Edisi 2011"  dan Peta NKRI Edisi Tanggal 17 Agustus 2012). Tulisan ini mencoba melihat Indonesia dari Basemap yang tersedia di dalam ArcGIS Online (Gambar 1).
Gambar 1. Basemap yang tersedia saat Add Basemap di ArcGIS
Selain Basemap yang tersedia tersebut, terdapat juga Basemap dalam InaGeoportal  yakni Basemap Batas Administratif (Gambar 2). Basemap Batas Administratif ini menggambarkan wilayah administratif yang disajikan atau tersedia di dalam Geospasial Untuk Negeri. Basemap lainnya yang tersedia di dalam InaGeoportal kurang lebihnya sama dengan yang tersedia dalam ArcGIS Online. Tersedia Basemap dari Bing Maps Aerial, Bing Maps Hybrid, Bing Maps Road, Imagery, Light Gray Canvas, National Geographic, OpenStreetMap, Oceans, Streets, Terrain, Topographic.

Gambar 2. Basemap yang tersedia dalam InaGeoportal
Basemap terjemahannya adalah peta dasar; biasanya Basemap ini yang dipergunakan sebagai latar belakang untuk informasi geospasial tematik. Melihat berbagai macam banyaknya Basemap, fulan penasaran untuk menyajikan atau melihat Indonesia dari basemap-basemap tersebut. Silahkan lihat bagaimana Basemap menggambarkan Indonesia secara keseluruhan:

 











Gambar-gambar di atas hasil melihat 'Indonesia dari Basemap...'


Demikian cerita singkat ala fulan,
Salam, 
/app

--------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dan Semoga Bermanfaat.
Salam Geospasial Untuk Negeri,
 ----------------------------------- Terimakasih sudah Membaca :), 
Aji Putra Perdana


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar