Jumat, 25 Januari 2013

[JAKARTA] melihat DKI Jakarta dari peta

[JAKARTA] melihat DKI Jakarta dari peta

Cibinong, 25 Januari 2013

Banjir yang melanda DKI Jakarta merupakan yang terbesar dan beritanya membanjiri dunia maya. Berbagai informasi disajikan dalam berbagai cara dan sudut pandang melihat DKI Jakarta dalam kondisinya kini. Tulisan ini tidak akan mengulas DKI Jakarta dari suasana banjir yang melanda, tetapi melihat DKI Jakarta dari peta. Peta merupakan informasi geospasial yang membantu kita mengenali wilayah melalui gambaran sebaran titik, goresan garis maupun polesan geometrik dalam wujud area atau poligon. 

Sebaran banjir DKI Jakarta begitu cepat disajikan sebagai informasi spasial seiring perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi geospasial. Salah satunya dengan keberadaan Google melalui Google Crisis Response banjir Jakarta disajikan ke dalam informasi spasial (lihat Gambar 1). Ada catatan terbaru dalam situs tersebut yang menyatakan bahwa beberapa informasi mungkin telah kadaluwarsa, detilnya sbb:
Tim Tanggap Bencana tidak lagi mengelola laman ini sehingga beberapa informasi mungkin telah kedaluwarsa, atau tidak lagi tersedia
Gambar 1. Google Crisis Reponse Banjir Jakarta
http://www.google.org/crisisresponse/2013-jakarta-flood.html
Selain keberadaan informasi tersebut, DKI Jakarta dilihat dari peta maka dapat dilihat melalui peta Rupabumi Indonesia skala 1:25.000. Peta rupabumi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Peta RBI, untuk wilayah DKI Jakarta dicakup oleh 9 (sembilan) lembar peta RBI Skala 1:25.000 (lihat Gambar 2).
Gambar 2. Indeks Peta Rupabumi Indonesia Skala 1:25.000 wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
Nomor dan Nama Peta RBI yang mencakup wilayah DKI Jakarta:

/app

3 komentar:

  1. kok petanya tidak bisa dibuka y?

    BalasHapus
  2. dibukanya dengan ArcGIS :)

    BalasHapus
  3. udah gue coba tapi kok gak bisa y, dicoba di arc catalog malah keluar tulisan "error reading package content" padahal downloadnya finish

    BalasHapus