Rabu, 26 Desember 2012

Peta Rupabumi Indonesia Skala 1:25.000 Sulawesi Selatan

Peta Rupabumi Indonesia Skala 1:25.000 Sulawesi Selatan

Peta Rupabumi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatan Peta RBI merupakan salah satu produk utama yang dihasilkan oleh BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional). Badan ini kini telah bertransformasi menjadi BIG (Badan Informasi Geospasial) berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial yang dikenal dengan singkatan UU IG.

Peta RBI (contoh lihat Gambar 1) sebagai salah satu informasi geospasial dasar (IGD) merupakan salah satu peta dasar yang memberikan informasi secara khusus untuk wilayah darat, demikian bunyi dalam Pasal 1 Nomor 12 dalam UU IG. Peta ini terdiri atas delapan layer informasi geospasial yaitu: garis pantai, hipsografi (informasi ketinggian), perairan (hidrografi), nama rupabumi (toponimi), batas wilayah, transportasi dan utilitas, bangunan dan fasilitas umum, dan penutup lahan. 

Gambar 1. Contoh Tampilan Peta RBI Skala 1:25.000 (sumber: PPRT-BIG, 2012)
Tahun 2012, Pusat Pemetaan Dasar Rupabumi BAKOSURTANAL yang kini berganti nama dengan Pusat Rupabumi dan Toponim BIG melakukan kegiatan Pemetaan Rupabumi Indonesia Skala 1:25.000. Sebagian besar wilayah yang dipetakan ialah Sulawesi Selatan dan sebagian Sulawesi Barat (lihat Gambar 2. Indeks Lokasi Pekerjaan). Pekerjaan ini menghasilkan peta RBI skala 1:25.000 yang dipergunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan dalam Program Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor IV Sulawesi.
Gambar 2. Indeks Lokasi Pekerjaan Pemetaan RBI Skala 1:25.000 Tahun 2012 (sumber: PPRT-BIG, 2012)
Penyerahan Peta RBI Skala 1:25.000 Sulawesi Selatan telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2012 di Makassar dan hal tersebut merupakan untuk PERTAMA kalinya, BIG selaku penyelenggara informasi geospasial di Indonesia mengadakan acara tersebut.

Gambar 3. Kepala Badan Informasi Geospasial menyampaikan sambutan dan sosialisasi UU IG serta Peta RBI sebagai salah satu IGD (sumber: http://www.bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/dengan-ig-big-dukung-program-mp3ei-di-sulawesi-selatan/)
 “Target-target provinsi khususnya Sulawesi Selatan supaya tercapai tidak terlepas dari data dan informasi yang menyangkut keruangan (IG). BIG sebagai penyelenggara IG menyediakan peta dasarnya, silakan instansi lain mengisi dengan tema-tema tertentu (tematik) sesuai keperluan. Asalkan mengacu pada referensi yang sama (One Map Policy)”, ungkap Kepala BIG, Asep karsidi dalam sambutannya.
Berikut beberapa liputan berita terkait acara penyerahan peta rupabumi sulawesi selatan dengan berbagai judulnya:
Di dalam acara tersebut dipaparkan juga bagaimana layer-layer dalam peta RBI dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan perencanaan pembangunan guna mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia serta kebencanaan.

Demikian cerita singkat ala fulan,

Salam,
/app

--------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dan Semoga Bermanfaat.
Salam Geospasial Untuk Negeri,
 -----------------------------------
Terimakasih sudah Membaca :),
Aji Putra Perdana

4 komentar: