Jumat, 09 November 2012

[QuantumGIS] Free, Open, and SAFE

[QuantumGIS] Free, Open, and SAFE

Apa itu SIG atau GIS?
Apakah Anda ingin mengenal SIG atau GIS?
Apakah Anda ingin mengetahui Aplikasi SIG atau GIS?
Apakah mengenal SIG atau GIS mesti dengan software berbayar?

Apa itu Quantum GIS?
Apa hubungannya Free, Open dan SAFE?

Tiga kata terlintas hari ini saat kembali lagi mengutak-atik Quantum GIS di sela-sela berkecimpung dengan ArcGIS by ESRI. Free, bebas mengabstraksikan ekspresi spasial dan bisa diunduh gratis software Quantum GIS termasuk juga sejumlah free plugins-nya yang multiguna; Open, Quantum GIS merupakan open source yang kini semakin bergaung dari hari demi hari; dan kata terakhir tapi tidak kalah serunya bagi kita yang berada atau tinggal di zona bencana yakni SAFE, aman  tapi bukan sekedar aman dalam makna sebenarnya, InaSAFE adalah kata yang melatarbelakangi penulisan kali ini.
Quantum GIS (QGIS) is a user friendly Open Source Geographic Information System (GIS) licensed under the GNU General Public License. QGIS is an official project of the Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). It runs on Linux, Unix, Mac OSX, Windows and Android and supports numerous vector, raster, and database formats and functionalities. (source: http://www.qgis.org/)
Tatkala berburu plugins Quantum GIS bertemulah fulan dengan InaSAFE. InaSAFE memiliki kepanjangan INDONESIA SCENARIO ASSESSMENT FOR EMERGENCIES. Sebuah free software yang diharapkan menghasilkan se-realistis dampak dari bencana alam untuk perencanaan, persiapan dan kegiatan respon secara lebih baik. InaSAFE merupakan buah kerjasama yang dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, AusAID dan Bank Dunia.

Sebuah Analisa Resiko Bencana Banjir di Jakarta mempergunakan Quantum GIS InaSAFE plugin (sumber: http://inasafe.org/)
InaSAFE Source code tersedia di https://github.com/AIFDR/inasafe di dalamnya berisi modul2x untuk perhitungan resiko, fungsi-fungsi SIG dan fungsi untuk dampak dari pemodelan.

Tutorial Quantum GIS? Silahkan googling...ketik reg spasi quantum gis...

fulan: ciyuuuz???miapah? #hadeuhkaco

Maaf tulisan ini tidak menjawab semua pertanyaan di awal :).

Silahkan mencoba dan bagi yang sudah maka silahkan berbagi :).

Sekian dan Semoga Bermanfaat.
Salam Geospasial Untuk Negeri,
 -----------------------------------
Terimakasih sudah Membaca :),
Aji Putra Perdana

2 komentar:

  1. Apa kabar mas aji.... sekarang udah oke banget ya arcgisnya udah lompat ke quantum lagi... aku malah belum sempat... ngoprek yang lain.. quantum, gaia,

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah baik...salam buat rekan2x pegiat gis...
    sempatkan ae :) heuheu

    BalasHapus