Selasa, 01 Mei 2012

[InfoSpasial] Gasetir untuk Perlindungan Sosial

[InfoSpasial] Gasetir untuk Perlindungan Sosial

Bogor, 01-Mei-2012

Sebuah workshop geospasial telah terselenggara hari ini (bertepatan dengan MayDay) di IPB International Convention Center, Botani Square, Bogor. Mengangkat tema mengenai "UNSDI Gazetteer Framework for Social Protection in Indonesia" yang merupakan bagian dari kerjasama Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai mitra dengan CSIRO-Australia selaku pelaksana proyek. Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini ialah memperkenalkan kerangka kerja gasetir dan bagaimana kerjanya sehingga memungkinkan adanya interaksi antar stakeholder terkait perlindungan sosial dengan pemanfaatan aplikasi gasetir sebagai bagian dari informasi geospasial.

Apabila menilik pada kata kunci dalam workshop ataupun dalam tulisan yang dibagikan dalam blog ini, maka ada satu kata kunci yang menarik dan menimbulkan banyak tanya. Kata kunci itu yaitu 'gasetir'. Apa itu Gasetir?

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2006 tentang Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi Pasal 1 butir d:

'Gasetir adalah daftar nama rupabumi yang dilengkapi dengan informasi tentang jenis unsur, posisi, lokasi, dalam wilayah administratif, dan informasi lain yang diperlukan.'

Merunut dari pengertian di atas bahwa nama rupabumi atau yang dikenal dengan toponim atau nama tempat atau place names atau nama geografis atau geographical names disusun dalam sebuah daftar baik secara dijital ataupun cetak (apabila dalam format cetak maka disusun secara alfabetis untuk mempermudah dalam pencarian, layaknya kamus yang disiapkan secara per wilayah (misal: gasetir untuk per kabupaten-->lihat Gambar 1)). Bukan hanya nama saja yang disusun akan tetapi dilengkapi juga dengan informasi spasial yakni koordinat geografis, nama unsur (misal: sungai, muara, kampung, dsb), elevasi, batas administrasi, dapat juga dikaitkan dengan informasi kebencanaan (misal: kerawanan bencana-->lihat Gambar 2).

Gambar 1. Gasetir per Kabupaten (sumber: PDR Bakosurtanal, 2011)

Gambar 2. Gasetir untuk Kebencanaan-Rawan Bencana G. Semeru (Santoso,WE,; Martha, S.; dan Perdana, Aji P, 2011)
Lebih lanjut baca: Gunung Semeru dalam Nama dan Peta

Semoga acara workshop Gasetir telah membuka pemahaman lebih terkait manfaat dari keakuratan dalam posisi dan konsistensi dalam penamaan unsur rupabumi sehingga akan menjadi berdaya guna setelah terkelola dengan tepat guna. Lebih lengkap mengenai workshop silahkan baca di http://bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/workshop-unsdi-gazetteer-framework-for-social-protection-in-indonesia/

*tertarik baca celoteh fulan tentang toponimi? silahkan bebaca di: http://ajiputrap.blogspot.com/search/label/Toponimi

*maaf sekedar sepintas lalu :)


Salam Geospasial Untuk Negeri,
 -----------------------------------
Terimakasih sudah membaca :),
Aji Putra Perdana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar