Selasa, 10 April 2012

(InfoSpasial) Google Maps-Prakiraan Cuaca Indonesia

(InfoSpasial) Google Maps-Prakiraan Cuaca Indonesia

Ketika mengawali tulisan ini jadi teringat di masa kecil sewaktu masih menyaksikan siaran berita dari stasiun televisi nasional TVRI Menjalin Persatuan dan Kesatuan...Ramalan Cuaca atau Prakiraan Cuaca yang saat ini masih pula ditayangkan dalam stasiun televisi tersebut. Kondisi cuaca dan perubahannya merupakan fenomena alam yang menarik dan memiliki implikasi cukup signifikan bagi manusia yang tinggal di bumi. Apalagi mendengar berita belakangan ini yakni fenomena banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Melihat Indonesia secara keruangan saat ini tidak sesulit dulu kala dimana kita harus menggelar atau membentangkan peta untuk menunjukkan suatu lokasi. Google Maps sebagai salah satu pionir dalam sharing informasi geospasial senantiasa melakukan inovasi, diantaranya penambahan fitur lalu lintas yang sempat dikupas oleh penulis dalam cerita spasial di blog ini (http://ajiputrap.blogspot.com/2012/02/ceritaspasial-informasi-geospasial.html). Untuk kali ini akan diulas sekilas mengenai fitur lainnya dari Google Maps yakni Cuaca. Fitur Cuaca ini disiapkan oleh Google untuk memudahkan kita melihat perubahan cuaca dari sisi prakiraan yang bersumber dari weather.com

Dapat dilihat pada Gambar 1 di bawah ini kondisi cerah berawan untuk wilayah Jakarta dengan suhu berkisar 27 derajat celcius. Awan berkumpul di atas daratan Kalimantan, Papua dan Sumatra serta perairan pantai utara dan selatan jawa sedikit. Sisanya silahkan dicermati sendiri :).

Gambar 1. Google Maps dengan fitur Cuaca (print screen 10 April 2012 sekitar Jam 09.00 WIB)
Untuk melihat sebaran awan dan kondisi cuaca cukup aktifkan atau centang Cuaca di bagian sebelah kanan setelah fitur Foto seperti tampak pada Gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2. Centang fitur Cuaca maka akan Anda peroleh tampilan Google Maps dengan kondisi dan ramalan cuaca di wilayah tampilan Anda
Seperti halnya kajian Lalu Lintas yang dilakukan oleh Pak Profesor Geopasial, maka kondisi dan ramalan cuaca dalam tampilan ala Google Maps ini bisa juga dijadikan sebagai kajian atau telaah keruangan perubahan cuaca dan dikaitkan dengan fenomena geosfer yang terjadi di suatu wilayah.

Demikian laporan cuaca hari ini, untuk selanjutnya silahkan capture (baca: rekam) lebih lanjut...

------ cerita usai -----

Salam Geospasial Untuk Negeri,
 -----------------------------------
Terimakasih sudah Membaca :),
Aji Putra Perdana



3 komentar:

  1. Mas, saya boleh tanya2 gak?! seputar ENVI...
    harap responnya... makasih mas :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja...silahkan... :)

      Hapus
    2. Makasih mas..
      saya newbie nih di software ENVI..
      mw tanya, kapan kita menggunakan fungsi "float" pada perhitungan DN dan kapan itu enggak digunain dalam Band Math mas..??

      Hapus