Rabu, 15 Februari 2012

[Cerita_Spasial] Informasi Geospasial Macetnya Jakarta dari Google Maps Traffic

[Cerita_Spasial] Informasi Geospasial Macetnya Jakarta dari Google Maps Traffic

Tadi pagi (14/2) saya barusaja melalui Jakarta di dini hari dan sangatlah tenang, nyaman dan tidak terjebak dalam kemacetan. Akan berbeda rasanya jika bis yang saya tumpangi berangkat dari kota asal menuju kota tujuan dengan melalui Jakarta pada saat pagi jam aktivitas menuju perkantoran atau lokasi kerja dimulai. Macetnya Jakarta sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga yang memiliki aktivitas di Jakarta ataupun bermukim di Jakarta. Entah apa yang menjadi tujuan dari sajian informasi spasial "Lalu Lintas" dalam Google Maps. Setidaknya informasi spasial kemacetan Jakarta bisa tergambarkan dengan informatif dan ter-update di tiap waktunya.

Terinpirasi oleh paper yang dipresentasikan oleh Prof. "GUN" di dalam Intercarto-Intergis 2011 di Bali dalam papernya yang berjudul "Remote Sensing and GIS for Spasial Traffiuc-Jam Analysis in Jakarta", maka tiada salahnya jika kita berbagi cerita mengenai macetnya Jakarta dari sisi spasial. Dalam papernya tersebut Beliau mengatakan bahwa penginderaan jauh dan sig (sistem informasi geografis) dapat dipergunakan untuk analisa kemacetan lalu lintas sehingga dapat sebagai antisipasi waktu-waktu kemacetan sedari awal. Penelitian beliau memanfaatkan data TerraSar-X dan Google Maps Traffic (Google Maps Lalu Lintas). Kesimupulan yang diperoleh dari penelitian Beliau bahwa data penginderaan jauh (dalam hal ini TerraSar-X) dapat memberikan hasil yang baik untuk menggambarkan situasi kemacetan lalu lintas, akan tetapi memiliki keterbatasan yakni tidak dapat meliput di tiap jam atau per ajam dalam tiap harinya. Sedangkan GIS (dalam hal ini Google Maps Traffic) dapat memberikan situasi perubahan dari tiap jam dalam tiap hari dari kendaraan yang lewat dengan kendaraan yang berGPS-Google gadget. Dalam papernya beliau merekomendasikan untuk mengintegrasikan kemampuan penginderaan jauh dan sistem informasi geografis ke dalam sebuah GIS untuk analisa kemacetan lalu lintas.

Gambar 1. Potret Lalu lintas di Jakarta dari Google Maps Traffic (15/02/2012 08.18 wib)
Gambar 2. Legenda Lalu lintas Google Maps
Apabila mencermati gambar 1 di atas yang mengilustrasikan kondisi lalu lintas di DKI Jakarta maka gambaran geografis kemacaten terjadi di wilayah mana saja dapat diindikasikan dengan lalu lintas warna garis hitam dengan merah di tengah yakni pelan, sedangkan warna hijau berarti cepat artinya lalu lintas dan kendaraan dapat melaju dengan cepat.

Silahkan akses google maps (http://maps.google.com/) dan arahkan ke DKI Jakarta serta aktifkan fitur lalu lintas (lihat Gambar 3) sehingga Anda dapat melihat perkembangan di tiap jamnya.

Gambar 3. Aktifkan fitur lalu lintas dan lihatlah di Jakarta

Tulisan kali ini sekedar berbagi untuk menatap dunia dari sisi cerita spasial memanfaatkan informasi geospasial yang disediakan oleh Google Maps dengan fitur Traffic (Lalu lintas)nya.

 -----------------------------------
Salam dan Terimakasih sudah Membaca :),
Aji Putra Perdana

2 komentar:

  1. Hallo mas Aji, saya Herman F , saya tertarik sekali dengan tulisan-tulisn anda seputar geospasial d ari berbagai sudut kehidupn, maukah anda menjadi kontributor tulisan untuk media non profit yg kami kelola utk tujuan informasi seputar geospasial, email sy herman_firdaus@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Pak Herman F...be my pleasure...dengan senang hati jika bisa berbagi, tapi harap maklum jika bahasa atau kata yang tertulis tidak sesuai eyd :)
      terima kasih atas kesempatannya,,,

      regards,
      /app

      Hapus