Rabu, 15 Februari 2012

[Berita Geospasial untuk Negeri] Merapatnya Informasi Geospasial di Indonesia

[Berita Geospasial untuk Negeri] Merapatnya Informasi Geospasial di Indonesia

15/02/2012

Semenjak lahirnya UU No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, berbagai aktifitas terkait informasi geospasial mulai merapatkan dirinya untuk menuju satu hal yakni geospasial untuk negeri. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Prof. GUN dalam wawancaranya di situs Bakosurtanal berjudul Belajar Jadi Profesor “GUN”.

"Dalam hemat saya GUN dapat disingkat dalam tiga motto: “Geospasial untuk seluruh wilayah Indonesia”, “Geospasial untuk seluruh urusan Indonesia” dan “Geospasial untuk seluruh rakyat Indonesia”.", ungkap Profesor riset pertama di Indonesia di bidang sistem informasi spasial, profesor riset ke-2 di Bakosurtanal dan ke-310 yang dikukuhkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (sumber: http://bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/belajar-jadi-profesor-gun/)

Merapatnya Informasi Geospasial (baca: lembaga terkait, akademisi dan pegiat geospasial) dapat dipantau melalui perkembangan proses rakornas informasi geospasial (IG). Dalam perjalanannya, pra rakornas informasi geospasial pertama, pada Selasa dan Rabu, 14-15 Februari 2012, bertempat di Ruang Auditorium Bakosurtanal/ BIG Cibinong. Adapun Pra-Rakornas II akan diselenggarakan pada tanggal 22-23 Februari 2012 di Hotel Royal Bogor, sedangkan Rakornas IG sendiri tanggal 28 Februari 2012 di Hotel Sultan Jakarta (sumber: http://bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/pra-rakornas-informasi-geospasial/).

Tema yang diangkat dalam rapat koordinasi nasional informasi geospasial yakni:
“Menuju Informasi Geospasial yang Andal Melalui Ina-Geoportal"

Harapan yang diharapkan untuk dapat dicapai dari kegiatan rakornas IG melalui merapatnya IG di Indonesia ialah rakornas IG sebagai forum yang bisa mengangkat kepentingan semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terkait penyelenggaraan IG.

Tujuan rakornas IG:

- Merumuskan Rencana Strategis Nasional di bidang IG  (2013 – 2025)
- Mengidentifikasi prioritas kebutuhan data dan informasi geospasial Nasional (2013-2014)
- Memperkuat koordinasi dan sinkronisasi program, kegiatan dan anggaran terkait IG termasuk surta seluruh institusi pelaku
(sumber: http://www.bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/rakornas-informasi-geospasial-201)


Semoga rakornas IG dapat berjalan dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan guna berkembangnya dunia geospasial di Indonesia ke depan lebih baik.
sumber informasi: http://bakosurtanal.go.id/

Salam Geospasial Untuk Negeri,
/app

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar