Selasa, 27 September 2011

Selamat Ulang Tahun Google ke-13

Selamat Ulang Tahun Google ke-13

Terhubung dengan dunia maya dan terbukalah tab pertama kali dengan melayang ke halaman search ala mesin pencari Google, tampaklah gambar kue ulang tahun beserta lilinnya...ternyata Google kini berusia 13 tahun. Jadi ingat masa awal pertama kenal Google pada usianya yang ke 3 tahun (#sksd...).

Selamat Ulang Tahun...Google's 13th Birthday
Google's 13th Birthday
source: http://www.google.co.id/logos/2011/Googles_13th_Birthday-2011-hp.jpg

Minggu, 25 September 2011

Bumi Panas, akupun kepanasan

Bumi Panas, akupun kepanasan

'Panas yang dirasakan, kekeringan yang terjadi...Hujan deras yang datang, kebanjiran yang melanda. Keduanya digabungkan tapi tak semudah membalikkan telapak tangan untuk dikatakan bahwa itu akibat perubahan iklim.', kata fulan.

'Banyak paper mengupas kekeringan dan kebanjiran, banyak kajian membahas hasil model banjir akibat musim hujan datang dan analisa wilayah yang kering ketika kemarau panjang tiba. Tapi penurunan skala (downscaling) hingga tataran nyata acap kali tidak menemui hasil yang menyentuh hingga ke bumi (baca: masyarakat yang mengalami).', celetuk thole.

Gambar 1. Land Surface Temperature (LST) and Sea Surface Temperature (SST) Bulan Agustus 2011
(Sumber :http://neo.sci.gsfc.nasa.gov)
Colorbar Land Surface Temperature (LST) 
Colorbar Sea Surface Temperature (SST)






Gambar 1 di atas adalah suhu permukaan daratan dan suhu permukaan laut seluruh permukaan bumi untuk kondisi suhu bulan Agustus 2011 yang diperoleh dari data perekaman siang hari citra satelit Terra-MODIS untuk Land Surface Temperature (LST) dan Aqua-MODIS untuk Sea Surface Temperature (SST).

Suhu permukaan daratan ialah sejauh mana 'panas'nya permukaan bumi yang menyentuh di lokasi tertentu. Permukaan dari sudut pandang satelit adalah apa pun yang dilihatnya ketika terlihat melalui atmosfer ke tanah. Ini bisa salju dan es, rumput di halaman rumput, atap bangunan, atau daun di kanopi hutan. Dengan demikian, suhu permukaan tanah tidak sama dengan suhu udara yang disertakan dalam laporan cuaca harian (data dari stasiun klimatologi). Sedangkan, suhu permukaan laut konon kabarnya memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi cuaca dan iklim di bumi ini.

Secara sederhana, bisa terlihat seberapa panasnya kondisi permukaan bumi saat ini (darat dan laut). Pantas saja aku kepanasan, ceplos thole pada fulan *gajelas*.

Cibinong, 25 September 2011

Aji Putra Perdana
Aji Putra Perdana_Colorbar :)








app-seribet http://www.scribd.com/aji_perdana_2 #upayabangkitmenulis

Sabtu, 24 September 2011

Geografi UGM - Koempoel Aleomni

Geografi UGM - Koempoel Aleomni


Kumpul alumi geografi ugm yogyakarta hari ini sabtu tanggal 24 September 2011 acara silaturahmi dan halalbihalal, kurang lebih demikianlah bunyinya. Sebuah acara silaturahmi dan halalbihalal yang telah berlangsung di Anjungan Sulawesi Tenggara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sekitar jam 10.00 hingga 14.00 wib atau lebihnya sesuka masing-masing. Ulasan kali ini tidak akan mengupas secara detil apa yang telah terjadi, tetapi lebih menyajikan pada kilasan yang masih tersisa dalam ingatan atau menjadi bekas di dalamnya.

Pertama kali datang (Kilas pertama), pertanyaan muncul...koq relatif sepi yaw?, kemudian berjalan semakin mendekati lokasi...oh rame juga, ada panitia pula berbaju batik...uppsss banyak yang datang berbaju batik (entah batik jogja, solo, pekalongan atau batik redsoil) walaupun berada di Anjungan Sulawesi Tenggara (#kekayaanbudayaIndonesia).

Kilas kedua, disambut oleh panitia berbaju batik ditodong secarik kertas dan alat tulis untuk mengisi lembaran semacam form biodata dan diberi pula selayaknya cocard,,,uppsss ada lagi satu kotak berbentuk amplop. Oh rupanya ada kardus berbalut kertas kado menjadi tenpat untuk dimasukkannya amplop yang 'mesti diisi serelanya dan sesukanya' (#patungan).

Kilas ketiga, sewaktu masih mengisi biodata dalam lembaran kosong, dari arah keramaian datang sesosok Bapak sepuh bilang ke panitia...ini ada tulisan jurusan, di jaman saya cuma ada satu 'GEOGRAFI' tidak ada jurusan-jurusan. Rupanya Bapak tersebut ialah angkatan awal dimana tak mengenal adanya sekat-sekat atau kotak-kotak yang bernama jurusan ataupun program studi layaknya era otka (otonomi kampus *sekedar cuplik istilah otonomi daerah).

Kilas keempat, duduklah di depan sambil memotret panggung dengan latar belakang logo IGEGAMA (Ikatan Geografiwan Gadjah Mada) diikuti tulisan judul, tapi daftar isi belum ada. Seperti terlihat pada Gambar 1 di bawah ini  (#kayakskripsiae).


Gambar 1. Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas kelima, acarapun dimulai dengan hal yang cukup menarik untuk disimak dan ditangkap gambarnya juga. Acara berbagi cerita dalam tempo sesingkat-singkatnya dari angkatan pinisepuh; angkatan 1953,1954 dan 1956 diwakili oleh tiga Bapak (#simbahkatafulan) seperti terlihat dalam Gambar 2 di bawah ini (*maaflupanamanya). Cerita yang menarik bahwa konon katanya dulu Geografi itu namanya Ilmu Bumi dan di bawah Fakultas Sastra, mahasiswanya 5/6 (*kilasanlemah). Acara berbagi cerita dilanjut hingga ke angkatan 70an berhubung waktu ishoma sudah datang, maka disegerakanlah acara intinya.

Gambar 2. Geografiwan UGM Angkatan 1953, 1954, 1956 di depan Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #berbagicerita *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas keenam ialah acara inti yakni foto bersama dan salam-salaman semua angkatan geografiwan UGM yang hadir, dari tahun 1950an hingga angkatan 2000an kesini. Mencari posisi, melihat kanan kiri, menyapa, bersalam-salaman, menata formasi, duduk, berdiri, serong kiri, serong kanan atau lurus hadap ke depan, naik di atas panggung atau di bawah panggung. Setalah gambar direkam usai dan belum dicetak karena sekarang era dijital, maka dilanjutlah langsung dengan salam-salaman. Seperti tampak pada Gambar 3a dan 3b di bawah ini, suasana persiapan direkam gambarnya dan salam-salaman.

Gambar 3a. Foto Bersama Geografiwan UGM Angkatan 1950an hingga 2000an di Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)


Gambar 3b. Salam-salaman Geografiwan UGM Angkatan 1950an hingga 2000an ba'da poto-poto di Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas ketujuh yakni acara puncaknya; makan,,,ada bakso, siomay, nasi, lauk ikan,ayam, dan kawan-kawannya, tak lupa pula ada es krim dan buah-buahan. Antri pun dimulai dan berjalan tertib aman terkendali (Gambar 4), sambil mendengarkan dendangan musik khas #dangdutan.

Gambar 4. Mari Makan...Geografiwan UGM di Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)


Kilas kedelapan dan kesembilan ialah bagi yang bernyanyi silahkan berduet, bagi yang asyik silahkan mengobrol, bagi yang hendak ibadah bisa segerakan sholat dan bagi yang hendak langsung pulang juga sudah menghilang. Kilasan terakhir ini ialah acaranya usai :).

Fulana bertanya, lalu apa yang fulan peroleh?
Sebuah kesimpulan bahwa besarnya Geografi UGM ialah karena besarnya keinginan tiap-tiap individu yang ada di dalamnya, terikat dengannya, terlepas dengannya secara sadar ataupun tidak telah 'menyadari peranannya' masing-masing untuk senantiasa berusaha yang terbaik, berbagi (#bukanmaterisemata), berdoa dan bersatupadu menjalin persatuan dan kesatuan...(#kayakliattipierii).

Selamat dan Sukses tuk semua yang bisa hadir ataupun yang berhalangan hadir...

Maaf jika ada salah-salah kata, hanya sekedar berbagi rasa
Maaf pula jika tidak berkenan, hanya ingin berbagi tulisan


Cibinong, 24-09-2011

Salam hormat,
Aji Putra Perdana
app-seribet http://www.scribd.com/aji_perdana_2 #upayabangkitmenulis

Jumat, 09 September 2011

Getting Older, Getting Closer

Getting Older, Getting Closer

Kuterbangun dari tidurku semalam dan merasakan nafas masih berhembus, jantung masih berdetak, nadi pun tak lupa juga berdenyut, suara itu masih bernada, mata itu masih terbuka, telinga masih bisa mendengar berita, jari-jemari masih bisa digerakkan untuk mengetik...'am i getting older or getting younger?', tanya fulan pada dirinya sendiri.

Tentusaja, bicara kehidupan di dunia maka seiring bertambahnya angka usia di dunia maka bertambah tualah anda, demikian celoteh si thole di pagi buta. Akantetapi, jika bicara kehidupan di alam sana, maka you're getting closer...semakin dekatlah kita dan perbaikilah diri untuk bisa menatap kehidupan hakiki yang tidak tau kapan pintu itu terbuka untuk kita. Itulah sebuah seni dalam kehidupan agar kita selalu bersyukur atas tiap ruang dan waktu yang tlah dilalui, sedang dijalani untuk esok yang dinanti.

Dan demi masa...
Gunakan peluang yang lima itu sebelum datang yang lima : masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang sakitmu, kecukupanmu sebelum datang kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu (mengurusi dunia) dan hidupmu sebelum datang kematianmu.
Terimakasih tuk semua ucapan dan doa, Terimakasih tuk semua cerita, Terimakasih tuk semua tinta-tinta dari rekan,sahabat,saudara semua yang digoreskan dalam lembaran kehidupanku saat ruang dan waktu kita bertemu...

Selamat Ulang Tahun teruntuk Bapak Presiden Republik Indonesia: Susilo Bambang Yudhoyono ke-62 tahun kelahirannya, 9 September 1949. Semoga bisa memimpin bangsa Indonesia dengan lebih baik di sisa batas waktu dan peluang yang ada.

'Tanggal lahir kita sama Pak', celetuk ^app^
'Hanya saja saya 34 tahun lebih muda :)', tambah ^app^
'di tanggal inilah 9 September, mbah bie mendekat pada-Mu, Ya Allah SWT berikanlah tempat terbaik baginya di sisi-Mu. Amien...kala itu pula 9 September membuat app lebih merasakan bahwa tiap single waktu buat kita getting older, getting closer', ^app^ pray for mbah bie.

Maaf jika ada salah-salah kata, hanya sekedar berbagi rasa
Maaf pula jika tidak berkenan, hanya ingin berpesan


Cibinong, 09-09-2011


Salam hormat,
Aji Putra Perdana