Sabtu, 24 September 2011

Geografi UGM - Koempoel Aleomni

Geografi UGM - Koempoel Aleomni


Kumpul alumi geografi ugm yogyakarta hari ini sabtu tanggal 24 September 2011 acara silaturahmi dan halalbihalal, kurang lebih demikianlah bunyinya. Sebuah acara silaturahmi dan halalbihalal yang telah berlangsung di Anjungan Sulawesi Tenggara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sekitar jam 10.00 hingga 14.00 wib atau lebihnya sesuka masing-masing. Ulasan kali ini tidak akan mengupas secara detil apa yang telah terjadi, tetapi lebih menyajikan pada kilasan yang masih tersisa dalam ingatan atau menjadi bekas di dalamnya.

Pertama kali datang (Kilas pertama), pertanyaan muncul...koq relatif sepi yaw?, kemudian berjalan semakin mendekati lokasi...oh rame juga, ada panitia pula berbaju batik...uppsss banyak yang datang berbaju batik (entah batik jogja, solo, pekalongan atau batik redsoil) walaupun berada di Anjungan Sulawesi Tenggara (#kekayaanbudayaIndonesia).

Kilas kedua, disambut oleh panitia berbaju batik ditodong secarik kertas dan alat tulis untuk mengisi lembaran semacam form biodata dan diberi pula selayaknya cocard,,,uppsss ada lagi satu kotak berbentuk amplop. Oh rupanya ada kardus berbalut kertas kado menjadi tenpat untuk dimasukkannya amplop yang 'mesti diisi serelanya dan sesukanya' (#patungan).

Kilas ketiga, sewaktu masih mengisi biodata dalam lembaran kosong, dari arah keramaian datang sesosok Bapak sepuh bilang ke panitia...ini ada tulisan jurusan, di jaman saya cuma ada satu 'GEOGRAFI' tidak ada jurusan-jurusan. Rupanya Bapak tersebut ialah angkatan awal dimana tak mengenal adanya sekat-sekat atau kotak-kotak yang bernama jurusan ataupun program studi layaknya era otka (otonomi kampus *sekedar cuplik istilah otonomi daerah).

Kilas keempat, duduklah di depan sambil memotret panggung dengan latar belakang logo IGEGAMA (Ikatan Geografiwan Gadjah Mada) diikuti tulisan judul, tapi daftar isi belum ada. Seperti terlihat pada Gambar 1 di bawah ini  (#kayakskripsiae).


Gambar 1. Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas kelima, acarapun dimulai dengan hal yang cukup menarik untuk disimak dan ditangkap gambarnya juga. Acara berbagi cerita dalam tempo sesingkat-singkatnya dari angkatan pinisepuh; angkatan 1953,1954 dan 1956 diwakili oleh tiga Bapak (#simbahkatafulan) seperti terlihat dalam Gambar 2 di bawah ini (*maaflupanamanya). Cerita yang menarik bahwa konon katanya dulu Geografi itu namanya Ilmu Bumi dan di bawah Fakultas Sastra, mahasiswanya 5/6 (*kilasanlemah). Acara berbagi cerita dilanjut hingga ke angkatan 70an berhubung waktu ishoma sudah datang, maka disegerakanlah acara intinya.

Gambar 2. Geografiwan UGM Angkatan 1953, 1954, 1956 di depan Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #berbagicerita *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas keenam ialah acara inti yakni foto bersama dan salam-salaman semua angkatan geografiwan UGM yang hadir, dari tahun 1950an hingga angkatan 2000an kesini. Mencari posisi, melihat kanan kiri, menyapa, bersalam-salaman, menata formasi, duduk, berdiri, serong kiri, serong kanan atau lurus hadap ke depan, naik di atas panggung atau di bawah panggung. Setalah gambar direkam usai dan belum dicetak karena sekarang era dijital, maka dilanjutlah langsung dengan salam-salaman. Seperti tampak pada Gambar 3a dan 3b di bawah ini, suasana persiapan direkam gambarnya dan salam-salaman.

Gambar 3a. Foto Bersama Geografiwan UGM Angkatan 1950an hingga 2000an di Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)


Gambar 3b. Salam-salaman Geografiwan UGM Angkatan 1950an hingga 2000an ba'da poto-poto di Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)

Kilas ketujuh yakni acara puncaknya; makan,,,ada bakso, siomay, nasi, lauk ikan,ayam, dan kawan-kawannya, tak lupa pula ada es krim dan buah-buahan. Antri pun dimulai dan berjalan tertib aman terkendali (Gambar 4), sambil mendengarkan dendangan musik khas #dangdutan.

Gambar 4. Mari Makan...Geografiwan UGM di Panggung Koempoel Aloemni Geografi UGM Yogyakarta, Aula Anjungan Sulawesi Tenggara Sabtu 24 September 2011 #acarainti *foto_diambil_dari_lggw_(baca:eljiguwe)


Kilas kedelapan dan kesembilan ialah bagi yang bernyanyi silahkan berduet, bagi yang asyik silahkan mengobrol, bagi yang hendak ibadah bisa segerakan sholat dan bagi yang hendak langsung pulang juga sudah menghilang. Kilasan terakhir ini ialah acaranya usai :).

Fulana bertanya, lalu apa yang fulan peroleh?
Sebuah kesimpulan bahwa besarnya Geografi UGM ialah karena besarnya keinginan tiap-tiap individu yang ada di dalamnya, terikat dengannya, terlepas dengannya secara sadar ataupun tidak telah 'menyadari peranannya' masing-masing untuk senantiasa berusaha yang terbaik, berbagi (#bukanmaterisemata), berdoa dan bersatupadu menjalin persatuan dan kesatuan...(#kayakliattipierii).

Selamat dan Sukses tuk semua yang bisa hadir ataupun yang berhalangan hadir...

Maaf jika ada salah-salah kata, hanya sekedar berbagi rasa
Maaf pula jika tidak berkenan, hanya ingin berbagi tulisan


Cibinong, 24-09-2011

Salam hormat,
Aji Putra Perdana
app-seribet http://www.scribd.com/aji_perdana_2 #upayabangkitmenulis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar