Jumat, 06 Mei 2011

(GeospatialInfo) UU Informasi Geospasial (UU-IG) itu Nomer (tulis: Nomor) 4

(GeospatialInfo) UU IG itu Nomer (tulis: Nomor) 4

Dalam kupasan sebelumnya http://ajiputrap.blogspot.com/2011/04/geospatialinfo-ruu-informasi-geospasial.html, RUU yang disahkan itu belum memiliki Nomer (tulis: Nomor) . Kini Undang-undang tentang Informasi Geospasial itu sudah memiliki Nomer (tulis: Nomor) yakni 4.

Apa itu informasi geospasial, bisa melihat arti IG salah satunya dalam buku karya Prof. Jacub Rais http://ajiputrap.blogspot.com/2011/04/perjalanan-teknologi-survey-pemetaan-ke.html. Atau dalam website Bakosurtanal dituliskan Informasi Geospasial, yang lazim dikenal dengan peta, adalah informasi obyek permukaan bumi yang mencakup aspek waktu dan keruangan (http://bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/undang-undang-informasi-geospasial/).

Informasi telah memasuki era keterbukaan, termasuk di dalamnya informasi geospasial hingga peran serta berbagai pihak memegang peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan informasi geospasial di Indonesia tercinta ini. Berikut penulis kutip dari berita di website Bakosurtanal terkait UU IG:
Keberlangsungan penyelenggaraan Informasi Geospasial memerlukan dukungan dari berbagai pihak, yaitu Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat yang menjadi penyelenggara Informasi Geospasial. Keberlangsungan penyelenggaraan Informasi Geospasial sangat erat kaitannya dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial (IPTEKS).
Apabila mencermati petikan rangkaian kata di atas, yang ditebalkan adalah hal-hal mendasar yang menjamin dapat terselenggaranya informasi geospasial sesuai apa yang diamanatkan dalam Undang-undang No.4 tentang Informasi Geospasial tersebut dapat terlaksana. Tentusaja, saat gemuruh datangnya RUU IG diikuti telah disahkannya menjadi UU IG banyak pertanyaan yang muncul dari berbagai kalangan, baik yang terbiasa berkomunikasi dengan informasi dan data geospasial hingga masyarakat awam yang baru mendengar informasi geospasial.

Hal yang menarik untuk dibagi di sini ialah tulisan dari:
Professor for Spatial Information System
National Coordination Agency for Surveys & Mapping
Jl. Raya Jakarta-Bogor Km. 46 Cibinong - INDONESIA

atas nama Tim Inti Penyusun UU-IG

dalam milist RSGISForum yang membagikan informasi mengenai UU No. 4 tentang Informasi Geospasial dalam attachment serta memberikan kesempatan kepada anggota milist dan para pemerhati geospasial Indonesia untuk mengajukan pertanyaan yang akan dikumpulkan dalam Frequently Asked Question (FAQ) dan sekaligus upaya untuk menjaring aspirasi masyarakat untuk beberapa turunan UU IG ini.

Kurang lebihnya itulah informasi yang diungkapkan dalam milist tersebut terkait UU IG.


_Sekedar berbagi di pagi hari_

Aji Putra Perdana
*berbahasa dalam kata yang berlari seenaknya sendiri, tanpa ada maksud tersembunyi hanyalah sekedar berbagi*

1 komentar: