Rabu, 09 Maret 2011

+menanti waktu dan berlari di dalam ruang+

+menanti waktu dan berlari di dalam ruang+

Sekedar kembali membangkitkan gairah, sambil merevisi kata-kata dan gambar dalam file bernama revisidotdoc...Cukup lama sudah tidak iseng menulis sesuatu yang sok berbau spasial. Inget kata-kata SOK jadi teringat kata salah seorang yang bilang kalau blog ini sok-sokan. Ya...tapi apa boleh buat, buat aja boleh buat apa...hehe. Suka dan tidak suka itu relatif layaknya teori einstein yang mengupas relativitas :p (uppss...semakin tidak nyambung).

Tulisan kali ini sekedar selingan di tengah-tengah mempelajari dunia baru bersama lingkungan (baca: environment) dan tentusaja seperti halnya dalam aplikasi (baca: software) tertentu maka kita perlu melakukan pengaturan lingkungan (baca: setting environment). Kalau di software ArcGIS 9.2 keluarannya ESRI (maklum masih pake 9.2 versi mahasiswa) di dalam ArcMap atau lainnya, pengaturan lingkungan ada (ArcMap) di Tools-Options pilih tab Geoprocessing lalu setelah kotakan General dan My Toolboxes ada kotakan yakni untuk pengaturan lingkungan (baca: Environment Setting). Lalu klik lah Envronments...maka akan muncullah berbagai pengaturan untuk lingkungan kita, dari yang umum (baca: General) hingga yang spesifik atau khusus untuk aplikasi tools tertentu. Namun acapkali kita lebih terbiasa menggunakan bawaan dari sononya (baca: default).

Kurang lebih begitulah jalan yang mesti dilalui, kadang perlu kita lakukan pengaturan lingkungan agar membantu kita dalam adaptasi di dalam menanti waktu dan berlari di dalam ruang.

+sekedar menulis saja+

Aji Putra Perdana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar