Jumat, 03 Desember 2010

(Peta) Bahaya Sekunder Merapi - Banjir Lahar Dingin

(Peta) Bahaya Sekunder Merapi - Banjir Lahar Dingin

Bahaya sekunder Merapi pasca erupsi ditambah intensitas hujan yang cukup tinggi baik di puncak Merapi maupun di wilayah Jogja sekitarnya pada umumnya telah melahirkan sebuah fenomena yakni banjir lahar dingin. Fenomena terkait banjir lahar dingin Merapi yang mengalir melalui sungai-sungai berhulu di Gunung Merapi menjadi sebuah keunikan, dimana pasir begitu melimpah ruah, banyak orang di kanan kiri sungai ataupun di pinggir jembatan pada sungai-sungai berhulu di Merapi seperti Kali Code menyempatkan matanya untuk melirik bahkan hingga mengajak anggota badannya untuk ikut serta berdiri di atas jembatan dan mengamati lahar dingin yang sedang mengalir. Akantetapi, resiko bahaya sekunder bencana Merapi yakni banjir lahar dingin mengancam warga yang tinggal tepat di kanan kiri sungai.

Katakan dengan Peta demikian ujar fulan, seketika itulah kembali telusur via jejaring dunia maya dan berkunjung ke geospasial bnpb untuk sekedar memantau adakah peta yang baru dilahirkan ?

Ya...ada peta-peta...(Kembali lagi) Bencana jadi/dalam Peta...

(1) peta daerah rawan bencana lahar gunung Merapi buatan geospasial bnpb dengan bersumber pada ESDM-BPPTK, (2) peta kawasan rawan bencana gunung Merapi hasil letusan 2010.

Peta Ancaman Banjir Lahar Dingin G. Merapi Tahun 2010

Peta Kawasan Rawan Bencana G. Merapi Tahun 2010, ESDM – BPPTK


Salam,

Aji PP


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar