Kamis, 09 Desember 2010

(Citra-Ocen Color Galeri) Fenomena Upwelling di Pesisir

(Citra-Ocen Color Galeri) Fenomena Upwelling di Pesisir

Melihat wilayah pesisir, tentusaja hal yang biasa bagi kita yang tinggal di Negara Maritim, Negara Kepulauan dengan garis pantai 81.000 km dan termasuk katergori yang terpanjang garis pantainya. Tidak ada salahnya kita menatap fenomena-fenomena pesisir di wilayah sono...salah satunya kali ini ditampilkan fenomena upwelling yang terjadi di wilayah pesisir barat Amerika sono, bukan Ameriki sini. Mengambil dari galeri gambar (citra satelit) oceancolor dalam kategori citra pesisir (coastal images).

Gambar 1. Wilayah Pesisir Barat Amerika Serikat

Angin bertiup ke selatan di sepanjang pantai barat Amerika Serikat - karena gesekan dan pengaruh rotasi bumi (friction and the effect of Earth's rotation) - menyebabkan lapisan permukaan lautan bergerak menjauh dari pantai. Karena air permukaan bergerak lepas pantai, dingin, air yang kaya nutrisi naik ke atas (upwells) dari bawah untuk menggantinya. Ini merupakan fenomena upwelling yang mengisi pertumbuhan fitoplankton laut, bersama dengan rumput laut yang lebih besar, pada gilirannya memelihara keragaman yang luar biasa makhluk yang ditemukan di sepanjang pantai California utara dan tengah.


Sensor seperti SeaWiFS bisa "melihat" efek dari ini produktivitas upwelling-terkait, karena fitoplankton klorofil-bantalan memantulkan kembali cahaya berwarna hijau ke ruang angkasa sebagai lawan dari air itu sendiri yang mencerminkan panjang gelombang dominan biru kembali ke angkasa.

Wilayah Laut dari gambar (citra) di atas (dikumpulkan pada tanggal 6 Oktober 2002) adalah kode warna untuk menunjukkan konsentrasi klorofil. Wilayah daratan dan kumpulan awan pada bagian dari gambar (citra) disajikan dalam komposit warna kuasi-alami (quasi-natural color).

--- Upwelling : fenomena di lautan yang begitu dingin, begitu kaya dan membawa kehidupan, demikian ungkap ANNE CANRIGHT, seorang geograf/geografer, penulis dan fotograf/fotografer, serta editor untuk Coast & Ocean. ---


sumber : Ocean Color Image Gallery dan http://www.ocean98.org

salam 'pesisir',

Aji PP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar