Kamis, 09 Desember 2010

Bakar Hutan versus Hijaunya Vegetasi

Bakar Hutan versus Hijaunya Vegetasi

Tulisan kali ini mencoba menatap secara global aktivitas pembakaran karena di permukaan bumi ini "something is always burning".

Peta api di bawah ini menunjukkan lokasi kebakaran aktif yang terbakar di seluruh dunia setiap bulannya, berdasarkan pengamatan dari citra Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang terpasang pada satelit Terra milik NASA.

Warna didasarkan pada penghitungan jumlah (bukan ukuran) dari kebakaran yang diamati dalam wilayah 1.000 kilometer persegi. Piksel Putih menunjukkan nilai tertinggi dari-hitungan sebanyak 100 kebakaran di area 1.000 kilometer persegi per hari.
Piksel Kuning menunjukkan sebanyak 10 kebakaran, oranye menunjukkan sebanyak 5 kebakaran, dan daerah merah sesedikitnya 1 api per hari.

Beberapa pola global yang muncul dalam peta api dari waktu ke waktu adalah hasil dari siklus alami dari curah hujan, kekeringan, dan petir.

Misalnya, kebakaran yang terjadi secara alami yang umum di hutan utara Kanada pada musim panas. Di bagian lain dunia, pola-pola merupakan hasil dari aktivitas manusia. Misalnya, pembakaran intens di jantung Amerika Selatan dari Agustus-Oktober adalah hasil dari kebakaran manusia-dipicu, baik disengaja dan tidak disengaja, di Amazon Rainforest dan Cerrado (sebuah padang rumput / ekosistem savana) ke selatan. Di seluruh Afrika, sebuah pembakaran pertanian yang meluas menyapu utara ke selatan lebih dari benua sebagai musim kemarau berlangsung setiap tahun. Pembakaran dari aktivitas pertanian terjadi pada akhir musim dingin dan awal musim semi setiap tahun di seluruh Asia Tenggara.

video

(a)

(b)

Gambar 1. Video (sumber: GlobalMap: Fire NASA) Maret 2000 hingga Oktober 2010 (a) dan Gambar (hasil printscreen) Kebakaran di Permukaan bumi di Bulan Oktober 2010 (b)


Lalu, apa sich yang terbakar ? Apakah benar vegetasi yang terbakar dan bagaiman kehijaun vegetasi dari pantauan MODIS Terra juga ?

Mari kita bandingkan video dan gambar kebakaran api (memerahnya bumi) dengan kehijauan vegetasi (menghijaunya bumi).

Pada peta di bawah ini, vegetasi ini digambarkan dalam skala, atau indeks, dari kehijauan (menggunakan NDVI). Kehijauan didasarkan pada beberapa faktor: jumlah dan jenis tanaman, bagaimana berdaunnya mereka, dan bagaimana sehatnya mereka. Di tempat-tempat di mana dedaunan padat dan tanaman yang tumbuh cepat, indeks tinggi, direpresentasikan dalam warna hijau gelap. Daerah di mana beberapa tanaman tumbuh memiliki indeks vegetasi rendah, ditampilkan dalam cokelat. Area dimana citra satelit tidak mengumpulkan data berwarna abu-abu.

video
(a)
Gambar 1. Video (sumber: GlobalMap: Vegetation) Maret 2000 hingga Oktober 2010 (a) dan Gambar (hasil printscreen) Kehijauan Vegetasi di Permukaan bumi di Bulan Oktober 2010 (b)


Pilih Bumi berwarna merah atau hijau, dan langit berwarna biru atau kelabu ???
Adakah hubungannya dengan 'perubahan alam' ataukah ada turut andil 'perubahan manusia' juga di dalam merubah warna-warni dunia ???

sumber info+video : GlobalMap: Fire and Vegetation dari earthobservatory NASA

salam 'mejikuhibiniu',

Aji PP

1 komentar:

  1. Apabila krayon berada di tangan manusia yang salah, maka bumi bisa berubah warna menjadi merah, dan langit berubah warna menjadi ungu, tanda dia ikut berduka atas memerahnya warna bumi,,

    BalasHapus