Kamis, 25 November 2010

(Potret) Merapi dan (Potret) Krakatau

Eruption at Mount Merapi, Indonesia

Posted November 17, 2010
Eruption at Mount Merapi, Indonesia
download large image (2 MB, JPEG) acquired November 15, 2010
download GeoTIFF file (52 MB, TIFF) acquired November 15, 2010
download Google Earth file (KML)

Dapat dilihat pada Gambar erupsi Gunung Merapi di atas adanya beberapa obyek yang cukup jelas ditunjukkan dengan text dan garis penunjuknya. Di bagian atas ditunjukkan lokasi Gunungapi Merapi dan adanya awan yang menutupi Gunungapi Merapi abu vulkanik yang mengarah ke barat. Ditunjukkan pula dua sungai yang berhulu di Gunungapi Merapi yakni Sungai/Kali Gendol dan Sungai/Kali Woro dimana terlihat sungai yang tidak berair lagi atau kering dan tertutup pasir. Tampak adanya sebuah pola garis cacing atau ular berkelok-kelok mengumpul yakni lapangan golf dan tepat di atasnya ialah area yang terkena dampak erupsi Gunungapi Merapi. Vegetasi-vegetasi rusak akibat terkena awan panas serta ditunjukkan pula aliran piroklastik / deposit lahar dingin Gunungapi Merapi.

Dalam situsnya yang memuat Gambar Gunungapi Merapi tersebut di atas sebagai image of d-day untuk tanggal 17 November 2010 (dimana gambar citra satelit adalah citra ASTER yang dibawa satelit Terra milik NASA), NASA menjelaskan bahwa:

Bahaya utama selama letusan yang terjadi di Gunungapi Merapi yaitu aliran piroklastik. Longsoran gas vulkanik panas,abu, dan batuan ini turun dengan cepat dan keras, kadang-kadang pada kecepatan lebih dari 150 kilometer (90 mil) per jam. Aliran piroklastik ini biasanya disalurkan mengikuti kondisi medannya, namun arus besar dan keras menyebabkan dapat menyebar pada area/wilayah yang luas.

Gambar satelit dengan komposit warna semua dari instrumen ASTER pada satelit Terra NASA menunjukkan bukti aliran yang besar di sepanjang Sungai Gendol selatan Gunung Merapi. Deposito vulkanik berwarna abu-abu cerah (baik dari aliran piroklastik atau lahar) mengisi aliran sungai Gendol. Hanya utara Merapi Golf Course (obyek warna merahcerah) adalah daerah yang lebih luas di mana aliran piroklastik tersebar di seluruh lanskap, menyebabkan kehancuran hampir total. Dalam hal ini daerah abu-abu gelap, sebagian besar pohon rusak dan tanah dilapisi dengan abu dan batu. Deposito arus sebagian besar dikelilingi oleh vegetasi sehat, berwarna merah cerah. Abu berwarna abu-abu cerah meluas ke arah barat gunungapi Merapi, mengikuti arah angin yang bergerak. Dekat pusat abu, hujan abu yang tebal telah dilapisi ladang dan hutan, mewarnai mereka dari merah kusam menjadi abu-abu.

References

  1. Digital Globe. (2010, November). Mount Merapi, Indonesia. Accessed November 15, 2010.
  2. USGS. (n.d.) Pyroclastic Flows and Pyroclastic Surges. Accessed November 15, 2010.

Source : http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=46975


---- Selain Gunungapi Merapi, NASA juga memantau dan menjadikan Gunung Krakatau, Indonesia sebagai image of d-day mereka---

Krakatau, Indonesia

Posted November 23, 2010 Krakatau, Indonesia
download large image (952 KB, JPEG) acquired November 17, 2010
download Google Earth file (KML) acquired November 17, 2010

source and detail info from NASA : http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=47143

++ Informasi kondisi Gunung Krakatau dari Badan Geologi berdasarkan Perkembangan Kegiatan G. Krakatau hingga tanggal 16 Desember 2007 pukul 06.00 WIB diperoleh kesimpulan bahwa :

Berdasarkan data visual dan kegempaan, maka status G. Krakatau masih dalam status SIAGA (Level III) sejak 26 Oktober 2007 pkl. 16.00 WIB.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Demikian pantauan di dunia maya menatap kondisi Gunung di Indonesia. Semoga semua pergolakan akan segera reda dan tidak akan menjadi project semata.

Lokasi Merapi (A), Krakatau (B) dan Bromo (C) pada googlemaps :


View Larger Map

Demikian pantauan iseng hari ini, tulisan di atas sebagian besar merupakan cuplikan alias tampil ulang dari berbagai sumber yang telah disebutkan ditambah sedikit sekali ulasan.

Salam,
app (aji pantau peta)

*Maaf tulisan kali ini tidak memuat unsur yang menarik dibaca terkait pembelajaran geospasial, kebencanaan, dan lain sebagainya (*cuman mantau peta-peta gaweane para pemeta) tidak ada maksud dan tujuan apapun, namun yang pasti tulisan kali ini ialah suatu upaya untuk membangkitkan gairah si penulis sendiri untuk bisa menulis ilmiah nantinya. Sekedar iseng semata setelah melihat kejadian nyata...upss :). piss..piss...

Terimakasih atas kesediaanya membaca...
Bagi para blog walker, follower, reader, etc...mari berjalan-jalan bersama-sama...for better Indonesia... MERDEKA !!!


Salam,
^app^

-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing"
http://ajiputrap.blogspot.com/
http://geospatialvision.blogspot.com/
http://bumiwisata.blogspot.com/
http://gisresetutor.blogspot.com/
diganti dengan http://geospatialinfo.blogspot.com/
http://ajiputrap.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar