Jumat, 24 September 2010

Sang Pencerah-Buzz-eQibla

Sang Pencerah-Buzz_eQibla

Mmm...demikian gumam si fulan, seusai makan siang yang akhirnya berhasil mencerahkan perutnya karena telah lama menanti makanan dihadirkan di hadapannya. Ketika kembali menatap layar monitor di hadapannya, tak kuasa dia untuk membuka email sekedar mencerahkan informasi dan kabar-kabari seputar aliran kehidupan yang sedang dijalaninya.

Terbukalah akun mail dari google yang dimilikinya dan segeralah terlihat angka kalau tidak salah 16 atau mungkin 17, maaf ternyata si fulan lupa. Buzz...itulah namanya dengan angka tersebut di sampingnya yang menunjukkan ada 16 atau 17 Buzz dari sahabatnya di dunia social networking keluaran dari google ini. Buzz sepeti halnya twitter, ialah tempat berbagi kata atau bahkan ide kita ke teman-teman atau bahkan ke dunia.

Apa kata dunia? kini seluruh warga di dunia suka berkata-kata, hingga jika sedikit berimajinasi maka samudera dipenuhi kata, lalu lintas udara begitu padat dengan kata-kata yang melintas menembus batas. Hal ini pun dialami oleh si fulan dimana seorang sahabat bernama Moh. Hosesini (seorang konsultan dan spesialis GIS dari Tehran) menjadi temannya di dalam dunia Buzz. Thank You...From your Buzz postings, i can learn everthing more interesting...Pencerahan, demikian gumam fulan.

Ada apa fulan?, tanya fulana. Fulan pun mulai menjelaskan. Sangat sederhana jika hidup itu memang sederhana, begini duhai fulana. Aku melihat mengenai penentuan arah kiblat yakni dengan eQibla. Walaupun aku tau sudah banyak teman yang lebih tau akan hal ini, tapi tidak ada salahnya berbagi yang barusaja kuketahui.

Iya, fulan. Tidak ada salahnya kita berbagi. apa itu eQibla, duhai fulan?

eQibla merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan informasi dari maps google untuk menentukan arah kiblat. Teringat akan film sang pencerah, yang menceritakan perjuangan sosok pendiri Muhammadiyah yakni KH. Ahmad Dahlan dengan perhitungannya untuk mengubah arah kiblat. Ketika menyaksikannnya, sempat berfikir...jangan-jangan sewaktu Beliau dalam perjalanan naik Haji atau pun sewaktu berada di Mekah bertemu dengan geograf atau juga ahli peta, sehingga mendapat oleh-oleh berupa Kompas dan Peta Dunia?

Kembali ke eQibla, dan akhirnya fulan mencoba melokasikan posisi rumah yang dihuninya. Semoga bisa mencerahkan...
Bisa dipasang di iphone, nah pas fulan mau masang...baru inget kalau dia baru punya hphone (baca:henpon), belum yang iphone...masih kurang satu huruf lagi :)



Sekian percakapan antara fulan dan fulana. Tiada maksud apapun dari percakapan yang seenaknya sendiri. Hanyalah sekedar obrolan ringan, seringan kapas yang melayang seiring angin yang berhembus dengan kecepatan tak menentu dan berhenti seketika angin hilang dari angan.
Fulan dan Fulana hanyalah tokoh imajinasi si penulis yang datang ketika dan menghampiri serta berkeinginan untuk hadir di blog post kali ini.
Sekedar mengusir kejenuhan sejenak akan berbagai pemberitaan yang naik turun tak menentu layaknya hujan yang turun sewaktu-waktu.

*Maaf tulisan kali ini tidak memuat unsur yang menarik dibaca terkait pembelajaran geospasial, (*sok sedikit menyerempet) tidak ada maksud dan tujuan apapun, namun yang pasti tulisan kali ini ialah suatu upaya untuk membangkitkan gairah si penulis sendiri untuk bisa menulis ilmiah nantinya.

Terimakasih atas kesediaanya membaca...
Bagi para blog walker, follower, reader, etc...mari berjalan-jalan bersama-sama...for better Indonesia... MERDEKA !!!

Salam,
^app^

-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing"
http://ajiputrap.blogspot.com/
http://geospatialvision.blogspot.com/
http://bumiwisata.blogspot.com/
http://gisresetutor.blogspot.com/ diganti dengan http://geospatialinfo.blogspot.com/
http://ajiputrap.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar