Jumat, 27 Agustus 2010

"Mail and Chat with Google" semakin menarik

"Mail and Chat with Google" semakin menarik

Yups...demikian celoteh fulan pagi ini, di kala dia menjumpai Gmail-nya dimana di sebelah kiri ada gambar telpon (tepat di lokasi Chat). Walhasil di klik lah icon telpon berwarna hijau dan muncullah tampilan seperti di bawah ini:
Gambar 1. Printscreen "Call"

Ternyata fulan langsung terhubung ke link : http://www.google.com/chat/voice/ untuk mengunduh plugin guna melakukan voice and video chat. Maklum selama ini fulan hanya terbiasa menggunakan ye'em (baca: "YM") dan baru akhir-akhir ini bermain telpon-telponan dengan yang namanya sikipe (baca : Skype (in English please....)). Kata mister google di situsnya tersebut telpon kemana aja gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku (sementara ini gratis untuk di Canada dan U.S.). Kalau untuk telpon kemana saja alias ke Negara lain, ada tarifnya euy. Bisa dicermati di Calling Rates dari Google Voice https://www.google.com/voice/rates. Ingat-ingat, tarifnya dalam Dollarnya U.S., jadinya dikalkulasikan saja dengan kurs mata uang.

Rasa penasaran pun kian menghantui fulan dan segeralah dia mencari nama sebuah Negara dimana si fulan berdiam diri sekarang yakni Indonesia. Bertemulah dia dengan tarif harga telpon ke Indonesia yakni kalau telpon ke Jakarta lebih murah ketimbang telpon ke mobil (baca: hape). Berdasarkan kurs di bea cukai yang fulan cek via dunia maya sekarang (27/08/2010) yakni Rp. 8.968,00 untuk setiap USD 1,00. Ya..sekitar kurang dari 1.000 rupiah kalau nelpon hape per menitnya via Google Call :).
Gambar 2. Tarif telpon di "Google Call" untuk Indonesia

"Cheap for International Call", demikian promonya...so silahkan mencoba....

Setelah mengunduh aplikasi Google Voice and Video setup ada informasi yang sangat menarik bagi fulan yakni dan dikutipkan ke dalam blogpost ini sebagai berikut:
"Google ngobrol suara dan video menggabungkan teknologi Global IP Solutions dan Vidyo, Inc. yang dicakup oleh aplikasi paten AS dan negara lain yang sedang didaftarkan."
Sedikit mengkaitkan dengan GoogleEarth/GoogleMaps, apakah bisa dipastikan kita akan diketahui nelpon dari mana dan kemana berdasarkan informasi geografis (ya...latitude dan longitude alias lintang bujurnya) ?

Mari mencoba telpon-telponan yukz....Mari melukis keindahan bumi melalui komunikasi di dunia maya, tapi ingat jangan terlalu terlena hingga lupa bertegur sapa di dunia nyata...

*Maaf tulisan kali ini tidak memuat unsur yang menarik dibaca terkait pembelajaran geospasial, (*sok sedikit menyerempet) tidak ada maksud dan tujuan apapun, namun yang pasti tulisan kali ini ialah suatu upaya untuk membangkitkan gairah si penulis sendiri untuk bisa menulis ilmiah nantinya.

Terimakasih atas kesediaanya membaca...
Bagi para blog walker, follower, reader, etc...mari berjalan-jalan bersama-sama...for better Indonesia... MERDEKA !!!

Salam,
^app^

-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing"
http://ajiputrap.blogspot.com/
http://geospatialvision.blogspot.com/
http://bumiwisata.blogspot.com/
http://gisresetutor.blogspot.com/ diganti dengan http://geospatialinfo.blogspot.com/
http://ajiputrap.wordpress.com/

4 komentar:

  1. walking2 back link please..... http://memorys-computer.blogspot.com join juga ea

    BalasHapus
  2. walking2 back link please..... http://memorys-computer.blogspot.com join juga ea

    BalasHapus
  3. Kunjungan balik ya...
    clik-now.blogspot.com

    BalasHapus
  4. paling gak suka dengan urusan yang bernama mbayar :)

    BalasHapus