Rabu, 28 April 2010

Play with Google Maps

Play with Google Maps - Bermain-main dengan Google Maps


Bermula adanya keinginan untuk mengganti lokasi tempat tinggal di Yogyakarta yang ditunjukkan via Google Maps dan di-link kan dalam blog ini, sesosok thole dengan id-nya yang berbeda telah menempatkan dan mendapatkan lokasi latitude dan longitude dimana kini dia berdiam diri di Yogyakarta tercinta ini.

Beta bermain dengan google maps beta dan disitu beta bisa drop LatLong Marker, sehingga beta bisa tau lokasi koordinat tempat tinggal beta. Hal ini mengingatkan thole akan sebuah percakapan dengan salah satu dosen Geografi saat bersama seorang kawan berkunjung ke Beliau untuk meminjam alat geospasial untuk menyimpan lokasi. Terjadi perbincangan yang menarik mengenai geocodding, geolocation dan lain sebagainya related to addresses alias alamat.

Hal yang menarik ialah bahwa "alamat" yang ada sekarang, dalam hal ini di Indonesia cukuplah unique atau crowded terlebih di daerah perkotaaan, sebagai contoh sederhana tempat kontrakan yang kini didiami thole dimana konon kabarnya (menurut empunya kontrakan) bahwa rumah tersebut tidak mempunyai nomer rumah, sehingga tiap ada surat yang ditujukan ke rumah tersebut di alamatkan ke lokasi yang empunya rumah yang notabene berada di tengah Kota dan cukup jauh dengan lokasi rumah tersebut. Atas inisiatif yang mengontrak (entah siapa, yang jelas sebelum thole), rumah tersebut telah diberi nomer dengan embel-embel A dibelakangnya dimana nomer berdasarkan urutan dari sekitarnya. Fenomena terkait "alamat" rumah juga sempat ditemui thole ketika bergabung di salah satu proyek, dimana ada house id yang menjadi concern terkait keunikan nomer yang dimiliki tiap rumah. Permasalahan yang muncul ketika kita asal memberi house id dan juga merubah existing alamat di database house id, maka data tersebut sebenarnya tidak bisa digunakan pula untuk croscek lapangan, karena dirubahnya "alamat" rumah yang di lapangan, dengan coding sendiri walaupun tujuannya untuk riset. Usul yang pernah thole lontarkan ialah biarkan alamat itu apa adanya tapi buatlah satu "alamat" lagi untuk membantu dalam coding saja.

Tapi setelah berbincang dengan salah satu dosen Geo tersebut, tampaknya ide tersebut juga kurang menarik. Yang menjadi thole tertantang menulis di blog ini ialah ketika dia menemui google maps dan melihat adanya drop latlong marker dimana kita bisa menandai rumah atau lokasi kita dengan koordinat latitude dan longitude (boleh dibilang di exact addresses). Karena tidak mungkin house id atau alamat rumah kita jika dilihat berdasarkan koordinat geografis akanlah sama, kecuali kita memang tinggal di satu lokasi. Membalik apa yang sudah ada, itulah ide yang coba dilakukan oleh Bapak dosen Geo tersebut, semoga sukses dengan planning disertasi-nya, disini thole hanya menuliskan satu hal yang baru dia temuinya dan sangat yakin pula banyak teman-teman di luar yang sudah sangat lebih jago dalam hal ini.

Fenomena google dengan maps dan earth -nya kini tampaknya membuat para "neo-geografer" berpacu dalam melodi dengan berbagi problematika kebumian yang terjadi, sehingga layaknya pulalah para teman-teman kebumian baik akademi, peneliti, praktisi, pengusaha maupun awam people seperti thole ikut memaknai perjalanan ini.

With coordinat we can know our location (exactly...) Its time to change...





View -7.731116, 110.396348 in a larger map

Sekian celoteh hari ini..ini bukanlah tulisan spasial bukan pula tulisan ilmiah namun hanya selingan informasi ala putra bumi.



Salam Hormat,

Aji Putra Perdana
Life is too short...Learn to more Ikhlas in my life...

* ini bukan tulisan geospasial, tapi renungan berfikir dan ajakan
geospatial sharing dan training ala thole cakep tanpa maksud apapun di dalamnya, semata-mata berbagi kata-kata dan ditujukan untuk keberlangsungan perkembangan dunia geospasial di Indonesia tercinta*


-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar