Minggu, 06 Desember 2009

(Untitled Post)

(Untitled Post)

Kurasa itulah judul yang pas untuk postingan imajinasi spasial kali ini bersama thole and cakep. Hal ini dikarenakan banyak judul yang mesti dikerjakan dan tak satupun keluar ide-idenya. Memulai menulispun dengan sesuatu yang tanpa judul. Satu yang telah terselesaikan dalam task list "To Do" di genggamannya ialah bertemu dengan JT and M, sedikit conversation tlah dilakukan, menjawab several questions regarding geospatial question. Jika ga salah ingat, berikut beberapa pertanyaan yang dilontarkan (cerita sebelumnya ada di postingan http://ajiputrap.blogspot.com/2009/12/berkoordinat-bumi-alias-georeference.html) :

1. Kenapa petanya ketika dibuka koq letaknya pada satu lokasi, seharusnya khan berbeda-beda (bahasa ringkasnya, koq beberapa kelurahan dalam satu area, harusnya khan pada lokasinya masing-masing), "jawabane : lha wong peta ne ora berkoordinat bumi alias georeference ya makanya seperti itu. Dadi kudu di-register and transform (ekstensi nang ArcView) atawa di Spatial Adjustment nak di ArcGIS 9.x."

2. Terkait dengan pertanyaan sebelumnya dan postingan sebelumnya http://ajiputrap.blogspot.com/2009/12/berkoordinat-bumi-alias-georeference.html : Gimana mengatur alias setting View-Properties, distance unit and measurement unit..udah terjawab dech...kalau datanya belum terkoreksi geometrik alias punya koordinat, baik UTM ataupun geografis..ya tidak bisa diatur unitnya ke decimal degree atau meter...eh bisa dink, tapi ga bener. terutama terkait skala petanya...

3. Adakah tips and trick untuk pembuatan layout dan view ketika kita mengerjakan almost 30an peta ataupun lebih ? Jawabannya, berhubung hanya membutuhkan output file berupa tampilan peta, tanpa grid UTM ataupun geografis. Maka buka di View, atur field kunci atau info yang ditampikan, kelasnya dan juga warna gradasinya, rename theme, dilanjutkan copy theme untuk buat peta lainnya dan seterusnya hingga dihasilkan puluhan theme sesuai yang diinginkan. Lalu silahkan masuk ke Layout, dan gonta-ganti ae theme yang visible so automatically peta yang tampil di layout berubah. Dilanjutken dengan mengeksportnya one by one, but you do not need to make a lot of layouts or views for each maps...

4. If i have autocad map files, could you convert into shapefiles ? jawab thole : yes...and we need to do georeference cad data, you may read this http://ajiputrap.blogspot.com/2009/06/spatial-adjustment-and-georeferencing.html

5. Thanks..its nice to meet you...tips and trick can help me to do these faster and save time...

Walach...thole-thole...seko ra iso cerito dadi ngalur ngidul...alias tanpa alur hingga untitled post...hehe.

Rasanya senang sekali bisa bertemu dengan urban planner dari negeri adidaya USA. Still young, tapi masih mudaan thole dan yang jelas agak bagusan mas cakep dikit...hehe. Seandainya dilihat melalui kacamata ruang dan waktu ala thole cakep.

Hari ini hampir separuh waktu dalam sehari yakni 24 jam, separuhnya mestinya 12 jam dihabiskan thole cakep dalam bilik ruang. Pagi hari berbekal sekotak layar tipis yang berisi beragam imajinasi spasial kepunyaan yang memiliki, berkutat sambil menunggu waktu (flashback dulu yaw).

Kembali lagi ke beberapa waktu jam yang lalu. Jam tangan di pergelangan thole yang merupakan spesial prize at spasial momen menunjukkan angka almost 9.30 wib. Kebiasaan untuk ontime atau malah before time, membuat thole dan cakep melaju dengan kendaraan merahnya menuju ke sebuah tempat royal buat sekedar wasting time effectively bu browsing and sometimes open facebook. Also doing something usefull, such as mapping dikit-dikit, reading sitik-sitik, meh nulis ra iso-iso dadine waktupun berlalu dengan cepat dan menunjukkan pukul 09.57 masuklah satu sms bilang kalau mereka udah dekat kos cakep by taxi. Langsung thole membalasnya dan mengatakan bahwa thole and cakep sedang di cafenet. Tetapi karena mereka udah terlanjur diantarkan ke kos cakep, mereka jalan kaki menuju cafenet dimana thole and cakep berada. Mmmm...lumayan, ga terlalu jauh lah bagi mereka, so i sent sms say that i am so sorry...maap, inyong kagak ngarti nek kalian berdua udah dekat dengan kosku. Finally, bertemulah thole and cakep bersama JT and M.

Start with perkenalan, M is urban planner...wach masih muda tapi udah jadi urban planner. Thoel and cakep pun mengenalkan diri..My name is Cakep, eh Thole, asline Aji dink..hehe. Then JT, menambahkan Aji is now taking master course (opo kuwi artine... ?!? njupuk master software apa yaw ? ) in Faculty of Geography, Gadjah Mada University. Thole hanya tersipu sok cool dan terdiam but proud due to kesempatan yang luar biasa bisa sinau lagi dan melanjutkan dengan tantangan yang membuatnya mengatakan "Its Hard to School, but its not easy to enter School and Its Need BIG Energy and Consentration". Setelah perkenalan langsung to the point dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang telah diterangkan di atas (back to laptop sing bagian nduwur - atas tadi).

Eh barusan, thole nengok bentar alias ngelirik bentar gmailnya, ternyata lagi pada Online. hehe. Tantangan yang luar biasa untuk mendengarkan bahasa asing memasuki telinga thole, seakan ada tahapan dan proses yang dilewati. Dimulai dari mendengarkan dengan seksama dan memperhatikan gerakan mulutnya, sebagai input untuk kemudian dicerna dan diolah dalam pemrosesan gelombang bahasa, proses translating pun dimulai layaknya google translate. Imajinasi spasial kata-kata pun mulai diketikkan dan diposisikan secara spasial pada koordinatnya masing-masing, sehingga kata-kata asing tersebut kemudian dapat diterjemahkan ke dalam sistem koordinat setempat alias bahasa ibu nya thole and cakep. Dari bahasa Inggris masuk ke ruang bahasa Ngapak ala Pemalang, dipindahkan ke ruang lebih umum alias bahasa Jawa dan diteruskan lagi ke dalam ruang bahasa Nasional yakni bahasa Indonesia. Thole meresapi menghayati dan langsung melakukan quick export untuk melakukan balasan dan segera merangkai kata-kata penjelasan dalam bahasa ringkas dengan kosakata pas-pasan.

Walhasil, menulis yang untitled pun hampir menghabiskan waktu satu jam lebih. Sungguhlah kata yang terangkai mengalun begitu saja seiring apa yang dirasakan dalam kalbu orang yang seharian menatap sekotak layar bercahaya dengan hiasan nada-nada teknologi internet, especially blogging. Memutuskan untuk blog hari ini, biasanya begitu menatap monitor yang terkoneksi dengan jejaring ada dua hal yang harus segera diputuskan : "to blog or not to blog ?". Selanjutnya diteruskan dengan memilih : "formal or informal ?". Yang jelas apapun pilihan Anda, minumnya tetap es teh,,,es milo juga boleh atau jus alpukat, kadang ya jus jambu. Semakin malam semakin tidak jelas, dan semakin melupakan tugas dan kerjaan spasial yang mesti dilakukan karena terlalu terlena dalam lantunan imajinasi thole and cakep.

Membaca sekilas tiap judul dari pdf, doc, ppt yang thole download terkait water pollution, membangkitkan rasa penasaran thole dan timbul pertanyaan. Can we solve it ???
Masalah adalah syarat utama adanya penelitian, nek gak ada masalah njuk meh neliti opo yaw ? Tapi pas diberi tugas mencari alasan alias latar belakang mengapa suatu hal perlu dikaji koq angel tenan yow. Demikian celetuk cakep pada thole yang masih asyik menulis dan menulis tanpa alur cerita yang jelas.

Bekerja dengan Ms. Excel sungguh luar biasa, hampir menahun thole menggeluti excel terkait data dalam kolom dan baris yang kurang begitu terstruktur. Kini thole and cakep pun kembali berkutat dengan kolom dan baris yang kali ini lebih tertata karena its depend on the human to manage database. Join data itulah Andalan thole dan cakep yang sekarang sedang menikmati waktu yang dilaluinya sebagai tukang gambar keliling. Bersama dengan sobat-sobatnya yang dengan sukarela dan tak kenal lelah berjuang bersama thole and cakpe guna spatial improvement and security income..(jadi teringat akan seseorang, anyway Thanks a lot and hopefully i am not mengecewaklan (sori thole lali bahasa londone opo?)).

Berjuang di jalan yang penuh liku, mengharuskan kita memiliki manajemen dan planning yang baik. Itulah yang sedang dikaji oleh thole and cakep, hingga mengambil Management and Planning. Teringat hal ini, teringat kembali akan postingan statusnya di facebook :

"management and planning, apa sich maknanya?termasuk di dlmnya ruang dan waktu kah?tny thole pd cakep"

Ada seorang kawan yang membantu menjelaskannya (tengkyu kang RE):

management: how to manage aktivitas yg jelas berkaitan dengan ruang dan waktu. planning/perencanaan:suatu
proses penentuan segala sesuatu di masa sekarang untuk aktivitas yang dilakukan dimasa yang akan datang, juga sangat jelas berkaitan dg ruang dan waktu

Balik maning nang blogging, eh liat counter hampir menunjukkan tiga jam kuterpaku di depanmu duhai monitor miliknya warnet.

Belajar tidak mengenal waktu dan tempat, meskipun ku menulis tanpa arah akantetapi banyak hal dari yang terjadi di tiap waktu dan ruang yang tlah terlalui. Geospatial Learning in daily life...

Start from myself itulah ruang dan waktu bagiku, and when i meet with you kita terhubungkan dan terjadilah singgungan spasial dan temporal.

Jogja, hari keenam di Bulan Desember..menulis enam desember, inginku mengucapkan met milad tuk adikku Puput yang sedang menikmati waktu dalam data editor di Pulau seberang..hope the best for you my sister. Untuk adikku yang paling kecil, yang milad sebulan yang lalu...c u in home, keep study. Tuk adikku yang sedang belajar geospatial, keep learn dan semoga diberi kekuatan dan perlindungan slalu dari hal-hal yang tidak pas.

Thole and Cakep ingin mengungkapkan, be honest is better daripada menambal tiap ban bocor...hingga tanpa sadar letusan tersebut mengenai sekitar thole and cakep. (opo nech kie..koq soyo ra jelas...zZZzzz..tandane wis ngantuk...)

Telinga diciptakan di kiri dan kanan, tujuannya supaya kita bisa mendengar dengan baik tidak hanya dari satu pihak tapi dari kedua sisi sehingga informasi yang masuk tidaklah mentah. Mulut diciptakan hanya satu, akan tetapi satu saja sudah sangat berbahaya bahkan bisa menusuk hati dan menyayatnya hingga terluka. Saking ampuhnya MLM (mulut lewat mulut) adalah senjata yang ampuh juga (di sisi positipnya) bagi dunia pemasaran dan bisnis.

Hati begitu lembut tercipta dan syarat akan rasa dan kontrol akan jiwa dan raga...

Ya Allah SWT... Ampunilah hamba yang khilaf dalam kata dan kadang lupa tuk sujud syukur atas nikmat ruang dan waktu yang tlah diberikan di dunia ini, semoga i can be better di tiap waktunya tuk kelak di akhirat nanti...

Akhir kata, maaf atas sgala khilaf...barusan thole terima sms urgen...so msut be offline now..

c u ...
Geographic Information Science...
Figure 3. Aji Putra Perdana @ geospatial learning office

* ini bukan tulisan geospatial, tapi renungan berfikir dan ajakan geospatial training ala thole cakep*
-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister

Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar