Selasa, 08 September 2009

Capture Embung/Waduk Tambakboyo from the Sky...

Capture Embung/Waduk Tambakboyo from the Sky...

Gambar 1. Embung/Waduk Tambakboyo dan sekitarnya dipotret dari atas....

Menangkap Embung/waduk Tambakboyo dari langit...kurang lebih itulah terjemahan mentah ala thole terkait judul tulisan blog kali ini. Ketika membuka foto perjalanan sepulang dari Pulaunya Dewata, sampailah pada beberapa foto hasil jepretan ala kadarnya menggunakan kamera kepunyaan rekan seperjalanan thole yakni HZ, demikian nicknamenya alias Humam Z (kusebut ya kang, namanya). Yakni foto jepretan dari atas pesawat dari Bali menuju ke Jogja pada penerbangan pagi hari, sehingga dapat merekam Yogyakarta.

Melihat pemanfataan ruang yang sangat menarik, ketika melihat stadion Maguwoharjo, Sleman dan tampak tubuh perairan tertampung dalam sebuah wadah mangkok besar. Embung/Waduk Tambakboyo, begitulah namanya dan berdasarkan sumber luasnya 7,80 ha dan volume tampungan 400 m3.

Bernama embung/waduk tambakboyo sesuai dengan lokasinya yang berada di dusun Tambakboyo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman dan dibangun tahun 2003 oleh Pemprov D.I.Yogyakarta dalam rangka untuk mencukupi air bersih.
Manfaat embung tambakboyo ini lumayan banyak, diantaranya terkait dengan sumberdaya air (pasokan air, pengendali hujan, konservasi SD Air, dll).

Sewaktu thole dan teman-teman ke embung/waduk tambakboyo, awalnya kita bertiga salah jalur sehingga kita melihat embung tersebut dari atas. Kemudian kita mencoba mencari jalan masuk, dan akhirnya menemukan sebuah gang/jalan kecil masuk menuju ke embung tambakboyo.

Embung ini terintegrasi dengan kawasan kampus, candi gebang dan stadion Sleman.
Thole agak lupa kapan pastinya, thole dan teman-teman (Humam Z dan HA) ke embung tambakboyo dalam rangka konon katanya disebut dengan konsolidasi alias obrolan ringan atau bahasa modernnya yaitu diskusi mengenai rencana ke depan, bukan ke belakang. Rencana awal, thole dkk akan pergi untuk mencari makan dan rame-rame menikmati nuansa pemancingan. Akantetapi setibanya di embung tambakboyo, ternyata yang ada warung-warung mie rebus/goreng, kopi, teh dan tidak menemukan adanya seafood,,,hehe.

Keberadaan embung diharapkan dapat menaikkan tinggi permukaan air tanah hingga 30%, sehingga ketika musim kemarau tiba warga tidak perlu menyuntikkan sumurnya (demikian yang thole baca di blog tentang Embung Tambakboyo). Embung tambakboyo ini menampung atau membendung aliran Sungai Tambak dan Sungai Buntung dan genangannya meliputi Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak dan Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Apabila melihat foto dari udara di atas (gambar 1), dapat diamati penggunaan lahan yang ada di sekitar embung. Silahkan amati dan pergunakan pendekatan Saudara-saudara dalam melihat gambar yang tertangkap oleh kamera tentang fenomena atau kenampakan Embung/Waduk Tambakboyo, Sleman. Ada stadion, lahan sawah, permukiman, dan lain sebagainya.

Could you help thole to do the analysis ???

Thole waiting for the informations and sharing of your analysis...
Gambar 2. Aji Putra Perdana as thole cakep menanti jawaban yang masuk,,,

sumbernya thole dari membaca : http://djogjakarta.blogdetik.com/2009/05/18/embung-tambakboyo-sebagai-tempat-wisata-air dan perjalanan thole ke embung/waduk tambakboyo bersama teman-teman kala cari makan..
sumbernya foto thole dari hasil potretan thole menggunakan kamera rekannya thole (si akang HZ) saat penerbangan dari bali ke jogja pada pagi hari tanggal 8 Agustus 2009 hari sabtu,,,

* ini bukan tulisan geospatial, tapi renungan berfikir dan imajinasi geospatial ala thole cakep*

-end-


"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar