Rabu, 15 Juli 2009

Geospatial for Planet of Earth

Geospatial for Planet of Earth

Ilmu kebumian untuk Planet Bumi tercinta ini, sebuah rangkaian kata yang selayaknya diaplikasikan..

Ketika sedang membaca-baca presentasi dari teman-teman di Map World Forum 2009, Hyderabad, India ada satu tulisan yang menarik dan menyentuh serta mengingatkan kita bahwa

“There are no passengers on Spaceship Earth. We are all crew!” by Marshall McLuhan

dari Presentasi tersebut, lalu iseng dech membuat Gambar di bawah ini :

do Geospatial Action for Our Planet of Earth...

Aji thole datang : "Lho..lalu hubungannya apa kang dengan Judulnya, Geospatial for Planet of Earth ???"

Mas A'a Ji Cakep : "Hubungannya begini thole...Ketika kita berfikir geospatial, memberikan pembelajaran geospatial kepada siapapun di dunia ini dan bertindak lokal untuk kepentingan global, maka kita bisa bersama-sama menyelamatkan Planet Bumi ini."

Aji thole takon maneh : "Memangnya ada permasalahan apa Kang dengan Bu Mie ??? Perasaan Pak Mie ga bilang-bilang nek ada masalah ? "

Mas A'a Ji Cakep : "Hmmm...(mengeluh sesaat). Begini thole yang rajin bertanya...Mari kita lihat dari Coastal Hazard: "Storm Attack,Coastal Erosion,Overtopping and Flooding, Severe Storm Attack, Cyclones and Hurricanes, Tsunamis, Oil Spill", Itu baru dari sisi coastal, belum dari masalah di Urban maupun Rural, Public Health, Lihatlah thole,,,berapa banyak penghuni Planet Bumi ini? Tapi apakah mereka Ingat untuk menjaga Kesinambungan Planet Bumi ini untuk anak cucu mereka ? Lha wong saya saja contoh yang jelek...Buang sampah masih seenaknya sendiri, Mandi pake air sebanyak-banyaknya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, alangkah baiknya mari kita ajak semua element untuk bergabung bersama dan bersatu padu melakukan pemetaan partisipatif untuk melihat sejauh mana sumbangsih kita kepada Planet Bumi tercinta. Bagi yang bergerak di bidang kesehatan, coba lihat pemetaan situasi kesehatan masyarakat kita, sudah sejauh mana kita berperan serta aktif sehatkan diri dan sehatkan Bumi. Untuk para pecinta alam, mari jaga kelestarian alam ini, jangan bakar dirimu dengan asap yang keluar melalui mulut, asap yang membakar hutan-hutan Indonesia. Iklim sudah tidak menentu, musim bergerak tak kenal waktu. Mestinya masih panas, eh ternyata dingin sudah datang. Hujan pun hadir di saat matahari masih panas menyengat."

Aji thole memotong pembicaraan : "Udah Kang Mas A'a...thole jadi tambah bingung...hehe. Harap Maklum Ya...Intinya thole udang ngerti, bahwa thole mesti jaga diri dan jaga bumi ini. Berfikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika yang menimpa thole dan bumi ini. Mari Kang A'a..thole pamit dulu, mau berdo'a kepada Sang Maha Pencipta agar kita, manusia yang menjadi Khalifah di Planet Bumi ini sadar akan tanggung jawab dan tugas yang diembannya. Tak lupa pula, agar thole juga selalu berikhtiar, bersyukur, dan berjuang untuk kemaslahatan bersama. Dimulai dari diri thole sendiri, dimulai dari yang kecil, dimulai dari saat ini, detik ini, dan sekarang juga. Kalau bukan kita, siapa lagi ? Karna kita semua adalah crew yang harus menjalankan perannya masing-masing agar Planet Bumi ini bisa berkesinambungan."

Mas A'a Ji Cakep menjawab :"Wach,,,thole-thole..LUAR BIASA..act local think global."

Aji Thole : "Mari Pulang dulu Mas Kang A'a Ji..SEMANGAT dan MAJU"

Mas A'a Ji Cakep :"Tetap SEMANGAT!!!"

-end-

"Don’t be silent, do something and smile for Planet of Earth”
by Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing“
http://ajiputrap.blogspot.com/

Dancing in A Globalized, Dancing with Love and Peace for Our Planet of Earth”
by My Little Sister


Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar