Kamis, 18 Juni 2009

Menggambar Dunia

"Menggambar Dunia"

Tema yang coba dituliskan dalam "Go Blog" kali ini...

Apabila "Go Blog" kita hilangkan spasi diantaranya akan berkesan atau bermakna lain, yakni goblog (dalam bahasa kita) artinya kurang lebih kurang pandai/pintar. Saya akui bahwa saya masih GoBlog, karenanya di tiap waktu yang saya lalui, walaupun hanya sekedar perjalanan dari kos menuju kantor tetap berusaha untuk BELAJAR dan BERJALAN.

BELAJAR dan BERJALAN disini bermakna keruangan...kenapa ???

BELAJAR, mari coba kita telaah, dengan kajian spasial sesuka saya. Kos adalah tempat saya tinggal sekarang ini, apabila digambarkan dalam peta skala kecil (skala 1:1000000) maka tidaklah begitu tampak. Akan tetapi apabila kita zooming atau perbesar ke skala 1:2500 dimana bisa kita peroleh hingga skala besar, seperti itu kini dengan memanfaatkan citra satelit, ada ikonos dengan resolusi 1meter, quickbird dengan resolusi spasial 0,61 meter, dan lain2nya...Apa yang terjadi ???

Ya...Betul sekali...dari citra resolusi tinggi tersebut, maka akan tampak Kos tempat saya sekarang tinggal. Mmmmmm....bisa dilihat di sebelah kiri pada blog ini lokasi Kos saya, berkat google dengan google-maps nya dan google-earth nya.

Maaf terlalu ngelantur, saya lanjutkan lagi...lebih cepat lebih baik, biar rakyat tidak bosan menunggu dan menunggu.

Posisi kos saya apabila digambarkan ke dalam koordinat kartesian ialah dalam nilai aX dan bY. Jika dalam peta berkoordinat geografis, maka lokasinya ialah dalam a sekian derajat menit detik bujur timur dan b sekian derajat menit detik lintang selatan. Lho...kenapa lintang selatan ??? Ya iyalah..karena di bawah garis khatulistiwa, garis khayal yang membelah bumi jadi dua, utara dan selatan.

Kos adalah titik NOL saya BELAJAR, belajar untuk BERJALAN MAJU KE DEPAN, bukan MUNDUR KE BELAKANG. Kebetulan saya menggunakan motor, dan dilengkapi dengan dua kaca spion di kiri kanan sehingga tak perlulah kau tengok ke BELAKANG cukup tatap dari spion dan MAJU KE DEPAN.

Dari titik awal x dan y tersebut, saya berjalan menuju Kantor untuk mengerjakan apa yang menjadi tanggungjawab dan kepercayaan saat ini yang telah diberikan. Berjalan dari satu titik menuju ke titik berikutnya, dari satu node ke node berikutnya sehingga membentuk garis yang merupakan rute perjalanan dari Kos ke Kantor.

Apakah saya berjalan di atas udara ???
Tentu TIDAK !!!

NETWORK...Jaringan jalan-lah yang saya lalui, dengan menggunakan NETWORK ANALYSIS saya menentukan rute terdekat menuju ke kantor. Walaupun kadangkala saya menikmati rute yang jauh, karena ada tujuan untuk menuju ke Node atau Point of Interest lain, seperti ATM ataupun sekedar mencari tempat untuk mengisi perut, bubur ayam JAKARTA (tapi yang jualan orang PEMALANG euy...hehe). Melalui hambatan dan rintangan yang dilalui seperti MACET, LAMPU MERAH (dangling node jika menggunakan EDit Tool di ArcView, atau di ArcInfo..apa ya... node da draw..gambarlah node-nodenya..hehe) demi menuju suatu titik dan mendapatkan garis yang bebas dari dangling-dangling.

Thole (pemuda desa tak kerja) tiba-tiba muncul dalam "GoBlog" ini dan bertanya :
"Kagem mas A'a Ji..buat mas A'a Ji...ini koq ceritanya ngalor-ngidul ngetan-ngulon..sakjane mau cerita apa nie? Khan judulnya "menggambar dunia" ? Saya kira mas A'a Ji mau cerita tentang "cat air, kanvas, kuas, globe, peta, kalkir, rapido, pensil, kertas A4, A3, A0, dll" ? "

Mas A'a Ji menjawab : "Sabar yo Le..mas A'a teruskan doeloe bentar..., ini demi rakyat Le..alon-alon asal klakon. Mari Lanjutkan dengan LEbih Cepat..Lebih Baik."

Alkisah, kenapa mengambil judul "Menggambar Dunia" ??? Hal ini teringat Adik saya yang paling kecil bernama Hanifa Agustinov Omega - "Pelukis Dunia Kecil" mengikuti lomba lukis yang diadakan Bakosurtanal beberapa waktu lalu. Meskipun tidak mendapatkan piala, karena ternyata lukisan-lukisan anak-anak yang lain lebih bagus.

Berikut apa yang saya cermati sewaktu Adik saya menggambar di atas Kertas Putih...

Apa yang akan dilakukan untuk "Menggambar Dunia" ?

1. Melihat dengan menggunakan Kemampuan Luar Biasa MATA kita - Maha Suci Allah...

Berbekal melihat DUNIA kecil yakni PETA GLOBE. Tahapan melihat ini pula yang kita lakukan apabila kita akan menggambar dunia menggunakan metode digitasi,interpretasi, scanning-raster to vector, dan sebagainya.
Dengan Melihat Lingkungan sekitar kita sebagai bagian kecil dari BUMI, maka kita bisa BELAJAR menggambarkannnya dan BERJALAN di atas BUMI membuat kita semakin memaknai HIDUP.

2. Digitizing and Scanning

Thole : "Koq nomer dua ini mas A'a Ji ? Apa maksudnya ?"
Digitizing itu digitasi..alias ndigit..klik, klik, klik, menggambar titik demi titik, node demi node untuk membuat garis. Itulah yang dilakukan Adik saya, dia memulai menggambar diawali dengan sebuah titik dari pensil yang ditorehkan ke dalam sebuah bidang datar (layaknya membuat PETA, menyajikan bumi di sebuah bidang datar) yakni Kertas Gambar tadi.
Di sisi lain, saya melihat Adik saya melakukan SCANNING...Otaknya melakukan PEREKAMAN terhadap Obyek yang dijadikannya sebagai Acuan (PETA GLOBE tadi...). Dari Scanning di dalam Otaknya, berproses dan OTAK memerintahkan Tangan sehingga Jari-Jemarinya bergerak terjadi proses konversi data RASTER yang direkam diubah ke dalam data vektor yang dituangkan ke dalam kertas.

3. Output

Output adalah keluaran dari proses Menggambar Dunia. Dalam hal ini berupa hardcopy yakni dalam selembar kertas dan untuk mendapatkannya ke dalam bentuk softcopy untuk dikirimkan kepada saya sebagai kenangan dan data yang disimpan atas produk dari proses Menggambar Dunia yang telah dilakukan hanya dalam tempo beberapa jam saja..Sungguh Luar Biasa...sebuah kemampuan/bakat yang tidak saya miliki. Bapak saya melakukan proses fotografi alias memotret dengan menggunakan HP (sungguh kemajuan teknologi...alat komunikasi sekarang PLUS-PLUS). Teknologi Informasi dan perkembangannya apabila dimanfaatkan dengan positif sungguh bermakna LUAR BIASA. Walaupun Gambaran Dunia Adik saya sudah dikirimkan untuk mengikuti Lomba lewat POS, tapi kita masih menyimpan gambar tersebut dalam bentuk halus yakni softcopy berupa foto dari gambar.

Lagi-lagi dan lagi..Teknologi kini membantu kita "Menggambar Dunia", silahkan pergunakan GPS dan berjalanlah, rekamlah maka kita akan menDIGITASI DUNIA..jangan lupa pergunakan kamera digital dan ABADIkanlah momen dan point of interest yang kita kunjungi. Apabila suka berbagi, upload lah letakkan di posisi DUNIA via googlemaps/earth atau sekedar posting dan sharing via "GoBlog" atau "GoFaceGoBook".




Act Local Think Global... (lali entuk neng endi kie...)



Salam hormat,

Aji Putra Perdana
"The Transformer of GIS and Remote Sensing"
Tetap Go Blog untuk Belajar dan Berjalan Maju Ke Depan Lebih Baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar