Selasa, 30 Juni 2009

30 June 2009 - Saat Terakhirku di Dengue Project

30 June 2009 - Saat Terakhirku di Dengue Project

Perkenalkan saya Aji Putra Perdana, saat ini berposisi sebagai GIS and Data Management di Dengue Project dan bukan suatu kebetulan lagi, bahwa sekarang adalah hari terakhir saya disini membantu Dengue Project Phase II. Belum sempat saya bercerita lebih lengkap mengenai pembelajaran atau lesson learned yang saya peroleh, ternyata tanggal sudah menunjukkan angka 30 dan bulan berada di jarum Juni 2009.

Sebelumnya saya sempat posting mengenai pengalaman awal saya bergabung dengan project ini yang berjudul My (geospatial and capacity building) Learning in Combating Dengue Fever Project (1). http://ajiputrap.blogspot.com/2009/05/my-learning-in-combating-dengue-fever.html. Belum sempat pula melanjutkan seri ke-dua nya, eh sangat saya ketahui bahwa hari ini 30 Juni 2009 adalah hari terakhir dari Project Fase II.

Hari yang menyedihkan adalah kemarin, 29 Juni 2009 bertempat di Museum Diponegoro dan dihadiri oleh hampir 300an personel tim dengue project II, dari teman-teman lapangan yakni Pemantau DBD, Surveyor QCRS, Serosurvey tim, tim Fakultas Kedokteran UGM, dari stakeholder atau pihak pemerintah kota yang diwakili Dinas Kesehatan Kota, dan semua teman-teman dan tim inti dengue project phase II.

Suasana khas jogja, yakni lesehan dan beralaskan tikar, acara pun dimulai dengan suka cita. Sebuah acara TEMU PISAH Dengue Project Phase II. Acara berisi pembukaan, sambutan dan diselingi dengan nyanyian-nyanyian merdu dari teman-teman pemantau, dan yang tak kalah pula dari staf Dinkes dan staf kantor project juga menyumbangkan suara merdunya. Banyak bermunculan penyanyi Solo (bukan dari Solo, tapi Jogja..hehe), Duet mesra, bahkan ada Trio MustKentir khusus didatangkan ke dalam acara tersebut.

*tiba-tiba muncul sesosok bernama Thole, turut dalam cerita ini.
Thole berkata : "Mas A'a Ji Cakep, mau ikutan tanya boleh ?"
Mas A'a Ji Cakep menjawab :"Boleh aja thole...apa yang bisa Mas A'a bantu ?"
Thole melontarkan tanyanya : "Pertama, What ??? Apa itu Dengue Project Phase II dan koq udah selesai??? Bukannya demam berdarah masih terus ada di Nagari ini ???"
Mas A'a Ji memotong sebentar : " Ada berapa pertanyaan dek Thole ??"
Thole melanjutkan : " Bentar, mas A'a Ji cakep. Pertanyaan selanjutnya, Akankah teman-teman terus berjuang untuk memberantas demam berdarah dengue ??"
Mas A'a Ji : " ada lagi ga thole ? jangan panjang-panjang ya..Ntar Mas A'a Ji bingung jawabnya..hehe"
Thole meneruskan : " Ya udah mas A'a...segitu saja ae..hehe, dilanjut kali lain ya Mas A'a, kalau koneksi internetnya masih lancar..hehe"
Mas A'a Ji mencoba menjawab : " Dengue Project Phase II merupakan kelanjutan dari Pilot Project Demam Berdarah Phase I atau fase sebelumnya yang dilakukan oleh Yayasan TAHIJA kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UGM. Info lebih lengkap dan lanjutnya bisa buka di websitenya Yayasan TAHIJA."
Mas A'a Ji melanjutkan : "Untuk pertanyaan berikutnya, Jelas dan sudah pasti teman-teman akan terus berjuang untuk memberantas demam berdarah dengue."
Thole bertanya lagi :" Mas A'a Ji Cakep, tadi thole sempat baca ada Trio MustKentir. Apa maksudnya ?"
Mas A'a Ji menjawab :" Mereka itu penyanyi trio dari kantor proyek. Dadakan Singer menyanyikan lagu dari ST12 - Saat Terakhir. Sebuah lagu yang didedikasikan untuk keluarga yang ditinggalkan oleh saudara ataupun anggota keluarganya akibat DBD dan mencoba membangkitkan semangat juang para pemantau DBD untuk senantiasa memberantas DBD. "



Lirik Lagu ST12- Saat Terakhir

Tak pernah terpikir olehku
Tak sedikitpun ku bayangkan
Kau akan pergi tinggalkan kusendiri

Begitu sulit kubayangkan
Begitu sakit ku rasakan
Kau akan pergi tinggalkan ku sendiri

Di bawah batu nisan kini
Kau tlah sandarkan
Kasih sayang kamu begitu dalam
sungguh ku tak sanggup
Ini terjadi karna ku sangat cinta

Inilah saat terakhirku melihat kamu
Jatuh air mataku menangis pilu
Hanya mampu ucapkan
Selamat jalan kasih

Satu jam saja kutelah bisa
cintai kamu kamu kamu di hatiku
Namun bagiku melupakanmu
buth waktuku seumur hidup

Satu jam saja kutelah bisa
sayangi kamu di hatiku
Namun bagiku melupakanmu
butuh waktuku seumur hidup

- end song -

Sukses tuk meLanjutkan dengue project ke depan dan semoga Lebih Baik dan Lebih Tepat, sehingga dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat DBD di Indonesia, khususnya di Kota Yogyakarta.

Salam Hangat,

Mencoba berpikir sederhana untuk memecahkan kerumitan dari sebuah problematika.

1 komentar:

  1. oke gitu........
    biar temen2 juga tambah paham and klop, bisa di upload metodologisnya untuk urusan remote sensingnya, plus kalo bisa cara neken2 tombol diGISnya biar bisa keluar hasilnya....
    Ocle

    BalasHapus