Minggu, 17 Mei 2009

My Learning in Combating Dengue Fever Project (1)

My (geospatial and capacity building) Learning in Combating Dengue Fever Project (1)

Pertama kali saya akan memulai menulis di blog ini ialah bingung untuk memulai darimana, karena sudah cukup lama saya tidak bercerita dengan bahasa sendiri. Banyak informasi yang saya sharing melalui blog ini ialah berita-berita ataupun informasi yang berasal dari situs atau blog lain, promosi kegiatan pelatihan SIG, Penginderaan Jauh, Pengolahan Citra Digital, cerita tentang skripsi saya, coretan-coretan iseng saya dan lain sebagainya. Tapi entah kenapa..tiba-tiba hari ini saat ini..beberapa menit yang lalu terdengar teriakan di dalam otak dan hati sanubari berkata :
"Hai Aji...(yang bukan Aji bukan Hai,,,hehe :) )...cobalah kau ceritakan perjalanan hijrahmu dari "KOTAK" hingga keluar "KOTAK", mungkin kini kamu berada di sebuah "LINGKARAN" atau "SEGITIGA".

Cerita berawal dari sebuah tes CPNS pada akhir tahun 2006 bertempat di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta...

Seusai tes, saya keluar dari tempat ujian dan sedang berdiri menunggu teman-teman dan saat itu datang mas K***n (sengaja tidak saya sebutkan..biar kelihatan seru euy..hehe). Beliau memberitahukan bahwa ada lowongan kerja sebagai asisten GIS di sebuah LSM yang bergerak di bidang Kesehatan dimana di LSM tersebut merupakan tempat kerja sahabat karib ma
s K***n yang juga sama-sama alumni Fakultas Geografi UGM yakni mas H***i. Mas K***n juga mengatakan bahwa dia juga udah memberitahukan lowongan ini ke teman saya T***r, kalau Aji tertarik kirimkan CV ke emailnya mas H***i.

Kala itu saya hanya tertarik untuk mengikuti tes-tes CPNS, akan tetapi setelah mengingat-ingat kembali perkataan mas K***n yang telah menginformasikan lowongan tersebut ke T***r. Tanpa saya konfimasi ulang ke T***r dengan asumsi bahwa T***r pasti akan mengirimkan CV ke mas H***i untuk melamar posisi di LSM tersebut, maka saya mengirimkan CV dan dokumen pendukung lainnya saya ke email mas H***i pada hari Jumat, 14 Desember 2007 at 7:02 PM.

Selang dua hari kemudian, hari minggu, 16 Desember 2007 11:15 PM saya menerima email dari mas H***i dengan subject : Info Test Wawancara Project Dengue 2. Email tersebut rupanya ditujukan kepada 4 kandidat yakni mbak i***n, mas h***i, saya sendiri ajiputrap dan mbak s**i, dimana mereka bertiga merupakan senior saya... (dalam hatiku..i'm the youngest). Terlampir di dalam email tersebut file word berisi gambaran singkat project dengue 2 dan tugas/tanggungjawab asisten data management unit serta kualifikasi yang dibutuhkan.

Komunikasi dengan mas h***i pun berlangsung via sms dimana beliau memberitahukan kapan waktu untuk wawancara...maaf euy, saya lupa kapan pastinya wawancara berlangsung...

Saya melihat sebuah Rumah Besar Sepi dengan sedikit kendaraan di dalamnya...Awalnya ragu untuk masuk ke dalam, dengan sedikit beranikan diri saya memasuki gerbang Rumah tersebut dan memarkir motor saya. Ketuk pintu dan dibukakan oleh seorang pemuda, lalu saya bilang mau bertemu dengan mas h***i untuk wawancara. Saya dipersilahkan duduk dan pemuda tadi mengambilkan segelas Teh Manis Hangat, tak lama kemudian mas h***i datang dan bilang : "tunggu sebentar ya Ji..nanti segera kita mulai wawancaranya". Lalu mas h***i memanggil dan saya dipersilahkan duduk kemudian diperkenalkan dengan pewawancara. Saat itu saya duduk menghadap dua orang yakni sesosok Ibu berambut pendek "Bu L** - begitu panggilannya" yang merupakan Pemimpin Proyek dan mas h***i sendiri. Wawancarapun berlangsung...di akhir wawancara dengan dua bos tersebut, datang seorang bos lagi yang tampak senior Pak D****k. Beliau menceritakan dan memberikan sebendel kertas yang berisi mengenai Yayasan Tahija dan proyek pengendalian demam berdarah yang dilakukan oleh Yayasan Tahija.

Waktu berlalu..hari demi hari kulalui,,,

Pada hari rabu tanggal 26 Desember 2007 11:33 AM, saya menerima email dari mas h***i yang memberitahukan bahwa saya lulus wawancara, kurang lebih emailnya berbunyi demikian:


Aji, berdasarkan test wawancara kemarin yang sudah dilakukan, Aji dinyatakan lulus dan dapat bergabung dengan project dengue 2 sebagai asisten data management unit. Kemungkinan Aji diharapkan dapat bergabung mulai tanggal 2 januari besok, nanti akan saya kabarkan lagi bila ada perkembangan berita lagi,
terima kasih
Saya resmi bergabung dengan Proyek Pengendalian Demam Berdarah Kota Yogyakarta Yayasan TAHIJA tertanggal 4 Januari 2008. Awal bergabung dengan proyek ini saya masih membantu kegiatan di kampus hingga bulan Februari 2008. Memori pertama kali saya bergabung dengan proyek ini perlahan mulai terkikis oleh waktu, sehingga apa yang terceritakan kemudian ialah apa-apa yang masih tersisa dalam memori otak saya.

Datang pertama ke kantor di bulan Januari 2008, saya duduk di kursi depan dan tak lama kemudian datang sosok yang tampak familiar. Ternyata dia adalah senior saya, yang dulu meng-OSPEK sewaktu saya pertama kali masuk kuliah euy,namanya mas h***m. Obrolan pun berlangsung dan ternyata kita berdua akan menjadi rekan satu tim. Kemudian bersama dengan mas h***i kita diperkenalkan ke team leader yang ada yakni Pak G***h - tim leader operasional, Pak D****k - tim leader Communication and Outreach, Proyek Manajer Bu L**, Finance Officer Bu K*****i, dan bagian admin & logistik mbak Y**a. Kemudian menuju ke ruang kerja dimana kita seruangan dengan mas H***i selaku tim leader kami dan mbak Y**a.

Hari demi hari dilalui..

Mencoba memahami job description, mengenal lebih dalam proyek pengendalian demam berdarah fase dua, lingkungan proyek, Yayasan Tahija, mempelajari pengelolaan data pada proyek sebelumnya (karena proyek yang sekarang merupakan kelanjutan dari pilot proyek percontohan fase satu pengendalian demam berdarah)...

Mengikuti berbagai diskusi, rapat serius hingga obrolan ringan, mendampingi bos2x dalam kegiatan untuk sosialisasi, menjadi juru foto, seksi perlengkapan, bongkarpasang spanduk, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu merupakan pengalaman dan perjalanan yang luar biasa dalam dunia yang baru yang saya kenal ini..sebuah "LINGKARAN" atau juga "SEGITIGA" yang jelas berbeda dengan "KOTAK" dimana saya dulu berada...dinamika kehidupan lebih semakin terasa, interaksi dengan masyarakat benar-benar terasa..dari kaum muda hingga ibu bapak yang berusia senja namun berjiwa muda...

Berawal dari Januari 2008 hingga terasa sudah kini di bulan Mei 2009, waktu yang cukup lama bagi saya bertahan di dalam sebuah Proyek...

will be continued....

Thanks to Yayasan TAHIJA dan Team NYAMUK Yogyakarta...Semoga angka kasus demam berdarah dengue di Kota Yogyakarta bisa turun di bulan-bulan ke depan berkat kerja keras dan partisipasi seluruh warga Kota Yogyakarta...

Selamatkan Keluarga Kita dari Demam Berdarah

Salam,

Aji Putra Perdana
GIS and Data Management
Proyek Pengendalian Demam Berdarah Kota Yogyakarta
Yayasan Tahija

1 komentar:

  1. Assalamualaikum

    hai mas aji, yang bukan mas aji aku hai'in juga...
    maap mau tanya mengenai yayasan Tahita mungkin mas tau ada part time untuk entry data di yayasan ini, saya mahasiswi tingkat akhir Fak Geo UGM sedang mencari part time untuk mencari pengalaman n nambah uang saku.. mohon info dan bantuannnya mas...kalo bisa kirim email ke anggun.ciptasari@gmail.com
    hheeeheee
    makasih mas
    wass

    BalasHapus