Sabtu, 10 Januari 2009

Data Management and GIS

Data Management and GIS...

Memaknai rangkaian kata di atas adalah hal yang sedang kucoba pelajari ditiap langkahku yang sudah setahun ini kuberada di dalam rangkaian kata tersebut.

Diawali dari kata "Data"

Data
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Data adalah catatan atas kumpulan fakta[1]. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

Catatan kaki
1. ^ Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Hal.3
-- sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Data --

Secara etimologi "data" adalah:
The word data (pronounced /ˈdeɪtə/, /ˈdætə/, or /ˈdɑːtə/) is the Latin plural of datum, neuter past participle of dare, "to give", hence "something given". The past participle of "to give" has been used for millennia, in the sense of a statement accepted at face value; one of the works of Euclid, circa 300 BC, was the Dedomena (in Latin, Data). In discussions of problems in geometry, mathematics, engineering, and so on, the terms givens and data are used interchangeably. Such usage is the origin of data as a concept in computer science: data are numbers, words, images, etc., accepted as they stand.

Kata "Data" di tempat ku bernaung bermakna kumpulan catatan hasil pengamatan di lapangan, hasil analisa laboratorium, pengambilan data/sampel dari lapangan yang kesemuanya terekam oleh tinta-tinta dan tertuang dalam lembaran-lembaran kertas, kemudian berkat kecanggihan teknologi, adanya komputer menuntut kita untuk menjadikannya ke dalam format digital yang nantinya dikemas ke dalam sebuah database atau basisdata, yang secara sistematik tersusun sehingga dapat kita panggil ulang informasi yang kita inginkan, dapat untuk analisa, untuk mempermudah dalam pengelolaan dan pemanggilan atau query yang disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

DATA -> BASIS DATA -> DATABASE MANAGEMENT SYSTEM

---
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data
--
Dari rangkain cerita tak berurutan dan panjang di atas, dapat dibaca bahwa data terkait dengan "MANAGEMENT"...karena sebuah DATA yang terkumpul memerlukan penanganan dan pengelolaan atau dikenal dengan MANAGEMENT..
Ketika bernaung dalam kata DATA MANAGEMENT, muncul pemahaman baru:

Data management comprises all the disciplines related to managing data as a valuable resource.

----
Keterkaitan dalam Data Management yang kujalani ialah disiplin public health and gis.

Diawali dari kata yang terakhir dulu..GIS...
G : Geographic
I: Information
S : System

------------------------------------------------------------------
to be continued..............

3 komentar:

  1. terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

    oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

    BalasHapus
  2. terimakasiiih sangad membantuu :)

    BalasHapus
  3. great post. thank for share. I really need something like this.

    and dont forget to pay a visit here

    BalasHapus