Jumat, 28 November 2008

Cartography (Kartografi)

Cartography (Kartografi)

Cartography (or mapmaking) is the study and practice of making maps or globes.

“Kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan dan teknologi tentang pembuatan peta, sekaligus mencakup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya seni.” (ICA, 1973)

ICA : International Cartograph Assosiation merupakan asosiasi atau perkumpulan kartografer sedunia...

Obyek-obyek di muka bumi digambarkan dalam bentuk titik, garis, dan area serta warna. Gradasi warna, ukuran titik, dan ketebalan garis menggambarkan kualitas fenomena atau obyek tersebut.

digambarkan ke dalam sebuah "PETA"

Peta adalah suatu gambaran sebagian atau seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai fenomena kenampakannya pada suatu bidang datar yang diperkecil menggunakan skala tertentu.

Peta menurut International Cartografhic Association adalah: Gambaran unsur unsur permukaan bumi atau ang adakaitannya dengan permukaan bumi maupun benda benda angkasa.

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui
suatu sistem proyeksi.

Peta mulai ada dan digunakan manusia, sejak manusia melakukan penjelajahan dan penelitian. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu dalam bentuk sketsa mengenai lokasi suatu tempat.

Pada awal abad ke 2 (87M -150M), Claudius Ptolomaeus mengemukakan mengenai pentingnya peta. Kumpulan dari peta-peta karya Claudius Ptolomaeus dibukukan dan diberi nama “Atlas Ptolomaeus”. Ilmu yang membahas mengenai peta adalah kartografi.


Claudius Ptolemaeus (bahasa Yunani: Κλαύδιος Πτολεμαῖος; 90 – 168), adalah seorang ahli geografi, astronom, dan astrolog yang hidup pada jaman Helenistik di provinsi Romawi, Aegyptus.

sumber: dari berbagai sumber..

best regards,
Aji Putra Perdana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar