Senin, 13 Oktober 2008

Arc Marine - The ArcGIS Marine Data Model

Arc Marine (The ArcGIS Marine Data Model)
for the oceans, seas, and coastal regions of our planet...



Data, data, data! For example, this is a graphic of the long-term ecosystem observatory instruments and platforms of the Rutgers U. Coastal Ocean Observation Lab


Selama beberapa tahun terakhir ESRI, dengan sejumlah besar masukan masyarakat pengguna, telah terlibat dalam latihan membangun "industri-spesifik" data model untuk ArcGIS. Ada sejumlah upaya saat ini dilakukan oleh sebagian besar industri ilmiah dan disiplin yang melayani ESRI (misalnya, transportion, bidang tanah, energi dan utilitas; kehutanan, hidrologi permukaan, dan konservasi / keanekaragaman hayati). Dengan "laut masyarakat" kami berarti orang yang berlaku GIS ke pantai, muara, di tepi laut, dan / atau jauh laut: akademik, pemerintah atau militer oceanographers, manajer sumber daya pesisir dan konsultan, teknologi laut, bari archaeologists, conservationists laut, laut geographers dan pesisir, perikanan dan manajer ilmuwan, penjelajah laut / mariners, dll.

Data ArcGIS Kelautan Model merupakan pendekatan baru untuk diperbaiki melalui tata ruang pemodelan integrasi banyak fitur penting dari laut kerajaan, baik alam dan manmade. Tujuannya adalah untuk memberikan pernyataan lebih akurat dari lokasi dan tata ruang sejauh, bersama dengan cara untuk melakukan lebih kompleks analisis tata ruang pesisir laut dan data dengan menangkap perilaku nyata-objek di dalam dunia geodatabase. Model juga mempertimbangkan bagaimana laut dan pesisir data mungkin lebih efektif terpadu dalam 3-D ruang dan waktu. Meskipun saat ini terbatas untuk 2,5-D, termasuk model "placeholders" dimaksudkan untuk mewakili keadaan cair dari proses data dan laut.

Untuk pengguna, ArcGIS model memberikan data dasar template untuk melaksanakan proyek GIS (yakni, inputting, format, geoprocessing dan berbagi data, membuat peta, melakukan analisa, dll); untuk pengembang, memberikan suatu kerangka dasar untuk menulis kode program mempertahankan dan aplikasi. Kunci keuntungan dari data adalah model yang seharusnya membantu pengguna untuk mengambil keuntungan dari talang yang paling canggih manipulasi dan analisis kemampuan ArcGIS, terutama dukungan dari aturan-aturan yang lebih kompleks dapat dibangun ke dalam geodatabases, dan obyek dengan tidak hanya atribut , Tetapi aturan database (kelas, perilaku). ArcGIS data model juga mendukung data standar yang ada, sehingga membantu menyederhanakan integrasi data di berbagai wilayah tingkat (yaitu, lokal, negara bagian / provinsi, nasional, global).
-----------------------------------------------------------------------------------
Thematic Content - layer stack Thematic groupings of oceanographic data sets


-----------------------------------------------------------------------------------
Common Marine Data Types :


-----------------------------------------------------------------------------------

sumber : http://dusk2.geo.orst.edu/djl/arcgis/

1 komentar:

  1. kalo arcgis server ada gak mas, artikelnya...?

    BalasHapus