Senin, 22 September 2008

Data, Atribut, Spasial, Citra, GIS

Assalamu'alaikum...

Selamat Malam teman2.Lama ku tak bercuap2 via blog,,,

Sehari-hari kini kubertemu dengan data atribut (dalam bentuk exel, baris dan kolom)..
ku bertemu dengan data spasial biasany saat sebelum jam 12 dan sesudah setengah 2siang, yang berupa data lapangan menggunakan GPS yang kudownload menggunakan software ArcGIS dibantu dengan DNRGarmin.
di kala-kala lain, ku juga bermain dengan data spasial, di saat dibutuhkan untuk pembuatan peta sebagai panduan bagi tim yang ke lapangan.
Kadang kurindukan, kala-kala berotak-atik penuh dengan sofware-software GIS dan Remote Sensing (software pengolahan citra digital, misal ENVI, ErMapper, bahkan dulu sangat hoby bergonta-ganti OS hanya demi bermain dengan SeaDAS untuk selesaikan skripsi).
Dulu kujuga sempat bermain dengan software ModisTool yang digunakan untuk pemotongan atau subset data MODIS dan georeferencing atau koreksi geometrik atau registrasi koordinat dari data MODIS. Kala itu data MODIS yang digunakan ialah bukan MODIS level 1, tetapi LST MODIS (Land Surface Temperature) dari MODIS. Data tersebut berformat HDF, sehingga dengan menggunakan HDF Explorer dapat dibaca informasinya, bahwa data tersebut setelah dipotong sesuai area kajian dan berkoordinat, perlu di-rescale nilai digitalnya, sehingga akan diperoleh suhu permukaan daratan dalam derajat kelvin kemudian bisa juga kita konversi ke celcius.
ModisTool yang kupergunakan di atas, berbeda dengan ModisTool tambahan yang dapat di-add di ENVI yang fungsinya bisa untuk koreksi bow-tie, dan ekstraksi suhu dari data MODIS level 1B.
Dulu,,,ku senang sekali mengkombinasikan software-software yang ada...dari SeaDAS, erMapper, ENVI, ArcView, ArcGIS...semua ku-trial and succes...tuk meraih sesuatu yang diinginkan dengan cara yang efektif dan efisien...hehe
Kujuga senang bermain dengan HEGTools yang bisa digunakan untuk meng-koordinatkan data MODIS dan mengconvertnya ke dalam format TIFF. format TIFF tersebut memudahkan untuk dibaca di software ILWIS 3.4. Meskipun selain HEGTools, ada software-software lain yang bisa digunakan untuk conversi data HDF MODIS ke dalam format yang bisa dibaca oleh ILWIS.
Kemarin-kemarin saat melihat software ArcGIS 9.3 yang bisa diinstal langsung di Windows Vista, tanpa melalui tahapan2.. :)
Tertegun sejenak, karna ada tools2 tambahan..salah satunya model builder yang muncul di permukaan..saat di-klik..wach,,,sama seperti model builder di arcview (khan sama2 esri)...
Saya yakin banyak sudah teman2 yang menggunakan ArcGIS, karna meskipun mahal..tetapi "mudah" didapat,,,sehingga membuat kita semakin mudah tuk dapat belajar dan belajar.,.
Kini kumasih dikit berkecimpung dengan GIS terutama di bidang Mapping nya--alias membuat peta2..
untuk Modelling...udah lama tidak bersentuhan (overlap alias tumpangtindih)...untuk Measurement...ya paling mengukur jarak dari mana mau kemana, atau berapa luas area tertentu,,M...satunya lagi apa ya??wach lupa juga nie,,,hehe
Hari ini,,,tadi seharin bermain dengan sebuah sofware Bussines Process Modelling...ternyata tidak jauh beda dengan Pemodelan di GIS,,,atau penyusunan ataupun perancangan basisdata dalam GIS,,,disitu dikupas begitu detailnya secara atributal..dimana ada Models ada object ada relationship ada informasi atribut atau metadata/metafile yang kesemuanya berada dalam DATABASE..bedanya dengan DATABASE di GIS ialah bahwa database pelatihan yang kuikuti tersebut tidak berbasis kebumian...
Yang membuatku tertarik juga,,bahwa dalam presentasinya..memberikan gambaran tentang cakupan GLOBAL, LEvel2 databasenya..Trainer menggunakan perumpamaan dengan peta-peta, dari peta skala BENUA, peta Negara, peta Region, Peta Kota...untuk yang paling detilnya,,,
kutuliskan ke dalam DATA, ATRIBUT, SPASIAL, CITRA, GIS...karna itulah yang kutemui saat-saat ini...
DATA yang berlembar-lembar hingga puluhan ribu bahkan mungkin lebih...yang berupa tabular jika digitalkan hingga nampak begitu ATRIBUTal..dan nampak susah jika ingin di-SPASIALkan secara individual...meskipun sudah menggunakan CITRA untuk dapat melihat individual bangunan, hanya bisa di-agregat ke dalam skala region terkecil di Indonesia yaitu level kelurahan..sehingga akan tersaji indah dengan memanfaatkn GIS software.

sekiranya,,begitulah pernak-pernik,,tulisan yang tak berarah tetapi mempunyai tujuan...

Wassalamu'alaikum..

Salam hangat,

Aji PP
-di benak saat ini ada berjuta data,atribut, spasial,citra,gis-

1 komentar:

  1. mas mau tanya, sudah pernah buka data HDF-eos dengan ARCgis? itu konversi projectionnya bagaimana ya supaya bisa dioverlaykan dengan proj semisal WGS84?
    atau mas pernah membuka file HDF-eos dengan software lain yg lebih mudah?

    terimakasih (ditunggu blsnya)

    BalasHapus