Kamis, 24 Juli 2008

Citra ASTER untuk Klasifikasi Penggunaan Lahan

Beberapa hari yang lalu (21-22 Juli 2008), mahasiswa D3 PROGRAM DIPLOMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUH FAKULTAS GEOGRAFI UGM baru saja menyelesaikan Studi Kasus I yang merupakan salah satu mata kuliah di tahun pertama untuk melihat kemampuan mahasiswa tersebut di dalam membuat tulisan ilmiah.

Dalam mengerjakan Studi Kasus I tersebut dibuat dalam kelompok yang beranggotakan 2 orang. Penyusunan dari Bab I Pendahuluan hingga Metode Penelitian dalam satu kelompok tersebut sama, tetapi dibedakan dalam pembahasannya.

Hal yang menarik bagi saya ialah begitu melihat metode penelitiannya dituliskan di dalam karya tulisannya langkah-langkah pengolahan citra Aster untuk klasifikasi penggunaan lahan menggunakan software Er-Mapper 7.0 dan layout data menggunakan ArcGIS 9.2.

Judul Studi Kasus I mahasiswa tersebut ialah Pemrosesan Citra Digital Multispketral (Aster) untuk Pemetaan Penggunaan Lahan Daerah Yogyakarta di bawah bimbingan Mas Karen (Staf Pengajar/Instruktur PROGRAM DIPLOMA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUH FAKULTAS GEOGRAFI UGM).

Pengetahuan mereka (2 mahasiswa tersebut yang notabene baru tahun pertama kuliah) mengenai citra satelit Aster menuntut mereka untuk mencari literatur dari perpustakaan, media internet, dan literatur bacaan lainnya yang membantu memahamkan mereka mengenai pengolahan citra digital. Bahkan, tak segan-segannya mereka bertanya kepada kakak angkatan sehingga mereka mengerti pengolahan citra Aster menggunakan Er-Mapper 7.0.

Untuk klasifikasi citra multispektral secara digital menggunakan Er-Mapper 7.0, telah tersedia fasilitas untuk Aster yakni ASTER Data Processing Wizard. Disitu sudah tersedia pilihan untuk klasifikasi citra satelit Aster, dengan menggunakan berbagai macam metode klasifikasi. Untuk Studi Kasus mereka menggunakan klasifikasi supervised dengan metode Maximum Likelihood Enhanced. Saluran-saluran yang digunakan ialah saluran Visible and Near Infra_Red (520 - 860 mikrometer) yakni saluran 1,2, dan 3 dari citra Aster dengan resolusi spasial 15 meter.

Hasil klasifikasi multispektral citra Aster daerah kajian sebagian daerah D.I.Yogyakarta diperoleh sejumlah 20 kelas penutup lahan. Awalnya citra hasil klasifikasi tersebut akan dilayout menggunakan Er-Mapper, setelah mencoba melayout dengan Er-Mapper 7.0 dan dirasa kurang fleksibel dalam pengaturan layoutnya. Ketika mereka bertemu dengan kakak angkatan mereka seorang mahasiswa KPJ disarankan untuk mencoba layout menggunakan software GIS, seperti ArcView 3.x maupun ArcGIS 9.2. Akan tetapi mereka belum mendapatkan praktikum GIS di tahun pertama. Oleh kakak angkatan mereka mahasiswa D3 PJSIG disarankan menggunakan ArcView, akan tetapi untuk pengaturan legenda dari klas-klas penggunaan lahan menggunakan atau membuat sendiri menggunakan software drawring (misal, paint untuk mengambil legendanya), bisa juga membuat secara manual di layout arcview dan mengatur warna-warna masing simbol klasifikasi penggunaan lahan. Hal tersebut karena arcview tidak bisa membaca legend dari data Er-Mapper (*.ers).

Akhirnya kakak angkatan (mahasiswa KPJ angkatan 2003) menyarankan untuk mencoba layout data hasil klasifikasi menggunakan Er-Mapper 7.0 tersebut dengan ArcGIS 9.2. Data format *.ers tersebut bisa dibaca di ArcGIS 9.2 dan bisa ditampilkan klas-klasnya kemudian diatur simbologinya, sehingga warna masing-masing klas direpresentasikan dengan baik.

Dengan pengetahuan yang masih baru mengenai software GIS ini yakni ArcGIS 9.2, secara bertahap dalam waktu yang relatif singkat dibimbing oleh mahasiswa KPJ tersebut untuk pengaturan layout menggunakan ArcGIS 9.2 . Dari mulai menjalankan ArcGIS 9.2, menambahkan data hasil klasifikasi Er-Mapper 7.0, menampilkan atau diplay simbologi dari data raster tersebut dan pengaturan warnanya, menampilkan anotasi dari data vektor administrasi, pembuatan atau penyusunan tata letak layout, menambahkan grid di data frame peta, memasukkan teks judul, orientasi, skala bar, legenda, membuat data frame baru untuk inzet peta, dan sebagainya.

Dalam waktu yang relatif singkat tersebut, dan kegigihannya untuk belajar dengan ArcGIS 9.2 yang diulang dan diulang lagi begitu tiba di kosnya membuahkan kepuasan tersendiri dalam Studi Kasusnya.

Kata yang bisa kuucapkan tuk semua yang tlah membantu adikq ialah "TERIMA KASIH"
dari hatiku terdalam...
Thank's to kakak angkatannya D (mahasiswa D3 PJSIG), NS (mahasiswa KPJ '03), dan Mas Karen atas bimbingannya selama Studi Kasus I adikq..
for my sister..i hope u can do more and more to get the best..don't ever stop to study,,,remember to pray and do the best so u can get the best..

Berikut layout citra hasil klasifikasi penggunaan lahan dengan Er-Mapper 7.0 dan menggunakan software SIG ArcGIS 9.2 yang disajikan dengan batas administrasi dan anotasinya.



sumber : Agustina, Gina D.F.2008. Pemrosesan Citra Digital Multispketral (Aster) untuk Pemetaan Penggunaan Lahan Daerah Yogyakarta. Laporan Studi Kasus I. Yogyakarta: Program Diploma Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.


Salam Hangat Slalu to all my fren :)


Aji PP
"gis'er cakep 'n raster maniax"
ajiputrap.blogspot.com

7 komentar:

  1. mas saya boelh tanya ga!
    mudah"an boleh deh...!!

    mas saya mo nanya,apakah citra aster dapat di download dengan mendownload gratis atau hanya bisa dibeli pada instansi tertentu saja?

    trus kalau bisa di download gratis link atau tempat dimana kita bisa mendapatkan na di mana mass?

    sebelumnya terimakasih mas!!!

    mohon bimbingannya mas!!!

    thanks.......

    henry "atom_smash@rocketmail.com"

    BalasHapus
  2. mas saya mau tanya bagaimana cara memotong citra landsat di gis 92

    BalasHapus
  3. to henry : silahkan buka situs resminya aster Indonesia..bisa disearching do google..

    anton : bisa menggunakan arctoolbox, disitu ada tool extract by mask di toolboxes dari spatial analysis tools

    salam,
    app

    BalasHapus
  4. klu cari citra satelit dmana ya??????
    apa harus di instansi ya????
    apa bisa di download?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. citra apa nie?
      untuk modis dan landsat bisa diunduh... :)
      untuk instansi yang melayani penyediaan citra bisa menghubungi LAPAN.

      Hapus
  5. salam,
    i'm Muzz from malaysia, i have read your article, its very good.
    i want to ask on how to extract depth information for shoreline using citra ASTER?

    (~_~) TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam,
      thank you. for shoreline extraction you may use "band ratio" or NDVI or even single band, but should considering spectral characteristic of the bands.

      regards
      /app

      Hapus