Kamis, 22 Mei 2008

pengolahan citra Aqua/Terra MODIS

bagi temen2 geograf ato yang bergelut dengan ocean remote sensing...
pasti tau citra Aqua/Terra MODIS khan?

sekedar sharing aja...

pengolahan citra MODIS bisa memanfaatkan software pengolahan open source dari NASA yaitu software SeaDAS untuk pengolahan citra satelit kelautan..

selain itu, dengan software yang tidak free, misal : ENVI ...sekarang dah ada versi 4.4 euy,,,padahal dulu pas skripsi masih pake 3.6 (klo ga salah) dan dalam perjalannya beralih ke 4.0 (coz ada yang spesial di 4.0 yang tidak dimiliki 3.6..)

di ENVI 4.0 ada tools yang membantu dan sangat membantu bagiku dalam melakukan proses georeferencing atau register dari citra Aqua MODIS (note: ku pake yang Aqua..hehe)

yaitu tools Georeferencing untuk MODIS (Map --> Georeference)
untuk melakukannya kita memerlukan data level 1B Aqua MODIS dalam format *.hdf

hal tersebut sangat membantu, karna citra hasil olahan SeaDAS yang ku export ke dalam format hdf, ternyata di ENVI datanya tidak bisa terbaca koordinatnya (saat itu,,,ga tau klo sekarang..)
so ku lakukan georeferencing citra tersebut pake ENVI 4.0

dengan ENVI 4.0, data hasil olahan dari Aqua MODIS bisa digeoreference kan datany asal ada citra level 1 B sebagai acuannya..hehe

mulai ENVI 4.2 mpe 4.4 (klo ga salah..), ada perubahan yang menakjubkan sekaligus (menurutku lho..) agak berkurang...

di ENVI 4.0 belum ada untuk koreksi bow-tie, so kita mesti nambah sendiri modis tools (bisa search di google dan bisa didownload koq). di tools tersebut baru ada tools untuk koreksi geometrik, koreksi bow-tie dan ekstraksi band termal juga...

di ENVI 4.2 dst, udah langsung tuch..koreksi bow-tie nya.,.

Map -> Georeference MODIS...silahkan dicoba dech...

sayangnya, misalkan kita mau meregister citra modis yang udah kita potong ato diolah2, ga bisa pake georeference MODIS.. (btw di ENVI 4.0 bisa euy..hiks2x..)

banyak hal yang masih perlu dipelajari....

keep study fren :)

2 komentar:

  1. tool georeference itu emang enak, nyaman, otomatis dan praktis, tapi kayaknya akurasinya agak medeni mas,
    aq pernah pake ASTER L1B tak georeference ASTER, hasil transformasinya masih geser mpe 3 pixel dari titik referensi (aq pake vektor RBI asli dari BAKO untuk referensi), yg di MODIS itu dah coba mbok cek akurasinya ga mas? what wrong with me ya?

    BalasHapus
  2. terkait mengenai adanya pergeseran hasil georeference citra satelit , baik ASTER maupun MODIS dengan menggunakan software ENVI atau software Pengolahan citra lainnya dengan data vektor (misal RBI dengan skalanya), itu ada banyak hal.
    1. Georeference yang dilakukan oleh software Pengolahan citra (misal, ENVI) ialah berdasarkan informasi koordinat dalam header citra (untuk ASTER dan MODIS yang berformat HDF, data lat long atau koordinatnya ada di dalam HDF tsb)
    2. Skala yang dihasilkan dari citra dengan Skala peta RBI yang kita gunakan tentunya juga berbeda.
    Mengenai cek akurasi kita juga mesti melihat skala data yang kita hasilkan dan kita gunakan dalam riset,jadi klo kita menggunakan data skala global (misal, citra MODIS untuk skala 1juta),maka tentunya kita tidak akan mengkroscek dengan RBI skala 50ribu.
    Terkait lagi dengan skala citra tersebut terkait juga dengan RESOLUSI SPASIAL dari citra yang akan menentukan berapa skala yang akan dihasilkan dari citra dengan resolusi spasialnya.

    Klopun mau lebih mantabs, cek akurasi dengan lansung ke lapangan menggunakan GPS.

    Semoga Bisa Membantu :)

    BalasHapus