Jumat, 15 Februari 2008

GIS, Penginderaan Jauh, GPS, DBD

Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘ ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").
Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan "lokasi pada ruang." Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi)

ternyata kuliah di geografi bermanfaat banget euy.
terutama karena kita tinggal di bumi :)
coba klo tinggal di mars..mungkin mars-grafi lebih berguna..hehe

Mempelajari geografi pada jaman saiki dengan adanya perkembangan ICT (Information and Communications Technology) menjadi semakin trendy aja..
teknik geografi dengan teknologi penginderaan jauhnyamerupakan hal yang ruarrr biaza..
bayangin aja sekarang ada google earth dimana semua khalayak dapat menikmati keindahan bumi tempat tinggal kita dan mengenal peta wilayahnya dengan citra-citra penginderaan jauh dan peta-petanya yang disuguhkan oleh google.. (waow...asyik bisa ke mana aja....)

teknik geografi lainnya ialah sistem informasi geografis atau geographic information system. SIG atau GIS ini kini sangatlah popular...bahkan merambah ke ranah WEB dengan berkembangnya WEBGIS yang sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak kalangan...

selain dua teknik tersebut, ada satu lagi yang kini juga semakin popular berkat perkembangan iptek. tools yang dulunya cuma dipake militer, kemudian dikenal masyarakat yang mempelajari kebumian..kini dikenal juga oleh hampir semua masyarakat umum.bahkan dalam media komunikasi yakni HP (handphone) kini juga memiliki tools tersebut...apalagi klo bukan GPS (global positioning system)...liat ae seri HP yang boleh dikatakan high end,..hehe, udah ada fasilitas gps dan juga ada petanya euy (mahal bagiku...padahal belum pernah liat HP kayak gitu..piss)

bahas punya bahas..."geografi" dan "teknologinya" udah dipake hampir berbagai bidang ilmu euy...ya selama tinggal di bumi ya bisalah...hahaha

kebetulan sekarang lagi bantuin project DBD bagian data mana gement and GIS.eh apa itu DBD???ya pasti tau lah..demam berdarah. ternyata disini keilmuan geografi dan teknologinya bener2 kepake.
buktinya:
1. penggunaan citra satelit quickbird..
2. penggunaan GPS
3. penggunaan GIS
bahkan data yang bisa dipetakan ya jelas lah dipetakan ,,,hehehe

wach..lengkap sekali tu...semua "tools" geograf kepake euy..

lanjut kali lain ya..

sukses buat geograf Indonesia..
maju terus..

salam

Aji Putra Perdana

Asisten Data Management and GIS Unit
Project Dengue II Kota Yogyakarta
Yayasan Tahija

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar