Kamis, 26 Juli 2007

SeaDAS for MODIS (1)

Apa itu SeaDAS?
SeaDAs itu : The SeaWiFS Data Analysis System (SeaDAS)
merupakan sebuah paket software pengolahan citra digital untuk processing, display, analysis, dan quality control dari ocean color data.

software SeaDAS tersebut sangat membantu saya sewaktu mengerjakan skripsi.
Saya sangat berterimakasih kepada Pak Realino (BROK-Seacorm), Bu Retno Andiastuti (BPPT), dan semua BROK'ers di Perancak, Bali...karena mereka lah saya berkesempatan mengikuti Pelatihan yang mereka selenggarakan dan akhirnya mengenal SeaDAS.
Meskipun pada saat pelatihan saya tidak langsung terjun mencoba menggunakan SeaDAS.Itu merupakan tantangan bagi saya tuk berani belajar sendiri. Alhamdulillah atas diijinkannya saya online di Lab. SIG Fakultas Geografi, saya berhasil download SeaDAS dan mulai belajar.
SeaDAS saya gunakan untuk mengolah citra Aqua MODIS sehingga mendapatkan level 2 yakni suhu permukaan laut. Kajian menggunakan MODIS menurut saya masih merupakan hal yang sangat menarik pada saat itu hingga kini..terutama kemudahan perolehan datanya dari level mentah hingga data level 3 yang sudah terolah. meskipun keterbatasan data MODIS ialah pada resolusi spasialnya (250 m, 500m dan 1 km) namun tetap menarik untuk dimanfaatkan karena resolusi temporalnya yang cukup baik (1-2 kali /hari).
Alangkah indahnya dan sebuah tantangan untuk melihat perkembangan darat dan laut negara kita tercinta...bayangkan profil suhu dan salinitas perairan Indonesia sudah terekam oleh data Argo Float selama bertahun-tahun (kurang lebih sejak tahun 2000an) ???
Mengapa kita tidak berlomba-lomba mengkaji Indonesia demi perkembangan iptek, memanfaatkan Remote Sensing and GIS ??
SEMANGAT2x dan terus belajar..hehehe
meskipun ku juga pusing ;!@#$%$*@%$@#
i'm happy to sharing..hehehe
salam dan sukses selalu

sumber :
- http://oceancolor.gsfc.nasa.gov/seadas/
- skripsiku (ajiputrap.blogspot.com) http://www.esnips.com/doc/
397b95ea-058c-4645-98aa-df28082b9d65/SKRIPSI_AJI

8 komentar:

  1. selamat siang, semoga slalu sehat n baik2 aja.

    salam kenal.

    saya rasidi dari pontianak, saya tertarik dengan citra modis n software seadas yang bapak/mas tampilkan, ada beberapa pertanyaan yang angin saya ajukan, semoga berkenan membalasnnya.

    1. apakah citra modis dapat digunakan untuk pencitraan SPL dan klorofil ?
    2. apakah citra modis dapat di download secara free n bagaimana caranya ?
    3. bagaimanakah cara pengolahan citra modis untuk mengetahui SPL dan klorofil ?

    BalasHapus
  2. 1. apakah citra modis dapat digunakan untuk pencitraan SPL dan klorofil ?
    jawab :
    citra aqua modis dapat digunakan untuk SPL dan klorofil.
    apabila menghendaki level 2 aqua modis SPL dan Klorofil tanpa melalui pengolahan atau dengan kata lain langsung download data level 2 nya dapat diperoleh di
    http://oceancolor.gsfc.nasa.gov/cgi/browse.pl?sen=am
    2. apakah citra modis dapat di download secara free n bagaimana caranya ?
    jawab :
    untuk citra level 2 oceancolor (SPL, Klorofil) bisa di download di http://oceancolor.gsfc.nasa.gov/cgi/browse.pl?sen=am
    untuk level 1 bisa di download di http://ladsweb.nascom.nasa.gov/

    3. bagaimanakah cara pengolahan citra modis untuk mengetahui SPL dan klorofil ?
    jawab :
    pengolahan citra modis untuk ekstraksi informasi SPL dan klorofil bisa menggunakan software SEaDAs yang free..
    software bisa di unduh di http://oceancolor.gsfc.nasa.gov/seadas/


    Maaf sebelumnya Pak..saya membalasnya via blog..soalnya ga da emailny :)

    semoga bisa membantu :)

    salam kenal,

    Aji PP

    BalasHapus
  3. salam kenal ms
    saya ghozali
    saya tertarik dengan analisis citra aquamodis dan lainnya tapi saya kesulitan mendapatkan alat analisisnya (Seada),
    apakah tidak ada software lain yang bisa digunakan untuk analisa hassil citra aquamodis selain seadas?
    thks

    BalasHapus
  4. salam kenal pak/mas ghozali

    selain seadas, bisa juga menggunakan software pengolahan citra berbayar seperti ENVI :)

    sala,
    /app

    BalasHapus
  5. salam kenal mas saya mau bertanya apakah data citra satelit suhu permukaan laut dan klorofil-a dapat di baca langsung atau diolah melalui software ArcGIS?

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum wr.wb.
    Maaf mas.. saya mau bertanya alasan kenapa selalu di pakai level 2 pada MODIS itu apa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waslmkm. level 2 (isinya bisa TSM, Klorofil,SST, dsbnya) itu hasil pengolahan dari level 1...untuk yang diolah di SeaDAS...btw baca-baca di situsnya seadas dan modis...lama juga ku ga akses ksitu lagi :)

      Hapus
  7. cek format datanya yang akan dibaca di ArcGIS, jika tersimpan dalam format raster yang sesuai dengan kemampuan ArcGIS membaca mestinya bisa...ArcGIS makin hari makin mampu baca data citra satelit :)

    BalasHapus