Rabu, 25 Juli 2007

ARGO FLOAT (1)

Munculnya Argo Float merupakan sebuah konsep revolusioner dalam sistem observasi kelautan dan metode pengukuran global. Argo Float merupakan instrumen yang bergerak mengikuti arus bawah laut yang disebar di lautan terbuka dengan resolusi spasial kira-kira 300 km. Selama satu kali dalam sepuluh hari akan muncul ke permukaan di akhir tiap siklusnya dan mengirimkan data ke satelit komunikasi (misalnya: satelit ARGOS)

Komponen dari Argo Float :


¨ Antena satelit

¨ Sensor CTD

¨ Transmiter Satelit (menggunakan satelit GTS untuk transmisi data dari float ke stasiun bumi)

¨ Pompa udara

¨ Pompa Hidrolik

¨ Oli Hidrolik

¨ Kantong Pneumatik

¨ Baterai Lithium

Semua data Argo Float disediakan oleh National Argo Data Centers secara ­near real-time via Global Telecommunications System (GTS) dan lewat internet. Kerjasama yang telah dijalin antara BRKP-DKP RI (Biro Riset Kelautan dan Perikanan-Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia) dengan pemerintah Australia telah berbuah baik yaitu dengan ditempatkannya peralatan Argo Float di beberapa wilayah perairan laut Indonesia. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan teknologi kelautan ini untuk pengamatan perubahan kondisi laut di Indonesia dengan sebaik-baiknya.

Sumber: Perdana, A.P., (2006). Kajian Suhu Permukaan Laut Berdasarkan Analisis Data Penginderaan Jauh dan Data Argo Float di Selatan Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara, Skripsi, Fakultas Geograf UGM, Yogyakarta.

http://www.esnips.com/doc/
397b95ea-058c-4645-98aa-df28082b9d65/SKRIPSI_AJI

1 komentar: